PERANCANGAN KONSEP SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PROSES TRANSFER INFORMASI DAN MENDUKUNG STRATEGI ORGANISASI DI PERUSAHAAN X
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk merancang konsep sistem informasi yang dapat meningkatkan proses transfer informasi dan selaras dengan strategi organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretif melalui wawancara, pengamatan dan analisa dokumen untuk proses pengumpulan data dan mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan serta permasalahan dalam perusahaan, untuk kemudian akan diberikan rekomendasi berdasarkan teori yang ada. Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi untuk proses transfer informasi yang efektif, namun perusahaan juga memiliki permasalahan budaya organisasi dimana tiap divisi bekerja sendiri-sendiri tanpa koordinasi, untuk kepentingan divisinya sendiri. Budaya organisasi ini nampaknya memiliki sejarah kemunculannya tersendiri. Penelitian juga menunjukkan bahwa struktur organisasi perusahaan belum selaras dengan struktur organisasi grup perusahaan dan kurangnya sosialisasi akan visi misi perusahaan, yang mana hal ini makin mempertajam permasalahan tidak terjadinya proses transfer informasi yang efektif dalam perusahaan. Pada akhir penulisan, akan diberikan rekomendasi untuk membantu perusahaan merancang konsep sistem informasi yang selaras dengan strategi perusahaannya. Demikian pula akan diberikan konsep sistem informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Penelitian ini tidak memberikan kerangka yang lebih mendetail tentang bagaimana bentuk teknis dari sistem informasi itu sendiri, mengingat hal ini membutuhkan pengetahuan secara mendalam tentang teknologi informasi itu sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa visi misi perusahaan merupakan dasar utama dalam merancang sebuah sistem informasi dan budaya organisasi menjadi unsur yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan konsep sistem informasi tersebut.
Downloads
References
Asan, Umut and Soyer, Ayberk, 2007, “Identifying Strategic Management Concepts : Ananalytic Network Process Approach”, Computer and Industrial Engineering 56 (2009) 600-615, Elsevier Ltd., 2007
Avison, David E and Michael D. Myers, 1995, “Information System and Anthropology : An Anthropological Perspective on IT and Organizational Culture”, Information Technology and People, Vol. 8 No. 3, 1995, p.43-56, MCB University Press.
Claver, Enrique, Llopis, Juan, Gonzalea, M. Reyes, Gasco, Jose L., 1995, “The Performance of Information Systems Through Organizational Culture”, Information Technology & People Journal, Vol. 14 No. 3, p247-260
Collins, James C. and Porras, Jerry I., 2008, “Building Your Company’s Vision”, Harvard Business Review On Strategy, January 2008
Conrad, David dan Newberry Robert, 2011, 24 Business Communication Skills : Attitudes of Human Resources Manager Versus Business Educators, American Communication Journal, Vol. 13 Issue , p.4-23
David, Fred R., 2013, “Strategic Management : Concept and Case – Fourteenth Edition”, Pearson Education Limited, England
DeLone, William H. and McLean, Ephraim R., 2003, “The DeLone And McLean Model Of Information System Success : A Ten Year Update”, Journal Of Management Information Systems, Springs 2003, Vol. 19 No. 4, p.9-30
Economist Intelligence Unit, 2009, “Organisational Agility : How Business Can Survive and Thrive In Turbulent Times”, A Report from The Intelligence Unit Sponsored by EMC.
Efferin, Sujoko, 2010, “Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif-Interpretif di Bidang Akuntansi – Seni Mengelola Keterbatasan”, materi disajikan pada Kolokium dan Seminar Nasional Program M.Si dan Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 10-11 Desember 2010
Efferin, Sujoko, Darmadji, Stevanus Hadi and Tan, Yuliawati, 2008, “Metode Penelitian Akuntansi; Mengungkap Fenomena Dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif”, Graha Ilmu, Yogyakarta
Forbes Insight, 2010, “The Untethered Executive: Business Information in the Age of Mobility”, In Association With Google, Copyright Forbes, New York, p.1-17
Formanchuk, Alejandro, 2010, “Internal Communication 2.0.: A Cultural Challenge”, Formanchuk and Asociados, Buenos Aires, Argentina.
Foulger, Davis, 2004, “Models of the Communication Process”, Research Consultant Evolutionary Media, Adjunct Associate Professor Brooklyn College (CUNY).
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.