PEMBUATAN GAME SAFARI HIDE AND SEEK
Abstract
Saat ini game merupakan sesuatu yang umum dijumpai pada masyarakat. Baik itu game tradisional maupun game digital. Game juga tidak memandang usia, dapat dimainkan untuk semua kalangan, baik dari anak kecil sampai orang dewasa, maupun yang sudah melebihi dari usia produktif. Anak-anak tentu tidak bisa lepas dari bermain, namun masa anak-anak juga merupakan masa perkembangan otak, oleh karena itu sudah banyak permainan yang diciptakan untuk melatih daya pikir pemain, permainan seperti inilah yang dibutuhkan oleh anak-anak, karena pada usia 7-9 tahun adalah masa perkembangan kecerdasan anak mulai berkembang. Permainan papan maupun permainan kartu memiliki banyak jenis permainan yang dapat melatih kecerdasan, namun permainan papan memerlukan tempat untuk bermain, selain itu pemain harus melakukan penataan papan permainan tersebut sebelum bermain dan harus membereskan kembali setelah selesai bermain, selain itu permainan papan memiliki bidak-bidak khusus yang terkadang hilang atau rusak sehingga permainan papan itu sudah tidak dapat lagi digunakan untuk bermain. Dari permasalahan tersebut, maka dibuatlah Game Safari Hide And Seek yang dapat dimainkan dengan media komputer yang diadaptasi dari Board Game Safari Hide & Seek yang sudah ada. Game Safari Hide And Seek ini disajikan dengan format game yang menggabungkan gambar, suara dan animasi. Dalam game ini terdapat pula tutorial dan cara bermain.
Downloads
References
Darmaprawira, Sulasmi (2002). Warna (Teori dan Kreativitas Penggunaannya) edisi ke-2. Bandung: Penerbit ITB.
Julie. (2011). Mengembangkan Kecerdasan Lewat Bentuk dan Warna. Dipetik Januari 20, 2013, dari http://www.tabloidnova.com/Nova/Keluarga/Anak/Mengembangkan-Kecerdasan-Lewat-Bentuk-dan-Warna
Musfiroh, T. (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.
Nugroho, Eko (2008), Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Piaget, Jean (2010). Psikologi Anak (The Psychology of the Child). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santrock, John W. (2009). Masa Perkembangan Anak (Children). Jakarta: Salemba Humanika.
Sihombing, Danton (2003). Tipografi dalam desain grafis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.