MOTION COMIC KISAH PENCIPTAAN UNTUK ANAK SEKOLAH MINGGU
Abstract
Tidak semua anak sekolah minggu mengerti benar tentang kisah penciptaan, kurangnya media pembelajaran, terlalu banyak media menarik membuat anak melupakan membaca Alkitab, Dan cerita Alkitab yang kurang dikemas sesuai dengan minat baca anak. Dari permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah penyajian cerita Alkitab yang menarik. Untuk itu, dibuatlah sebuah aplikasi multimedia interaktif yang menceritakan tentang Kisah Penciptaan. Aplikasi ini ditujukan untuk anak-anak berumur 7-12 tahun. Dalam aplikasi motion comic ini, kisah penciptaan disajikan dengan format motion comic yang menggabungkan gambar, suara dan animasi. Dalam aplikasi ini terdapat pula fitur interaktif dan juga fitur game Alkitab yang menjadikan aplikasi ini menarik dan berinteraktif. Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi menghasilkan hasil yang memuaskan yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Penyajian cerita dalam aplikasi ini mempunyai tampilan yang menarik dan juga anak-anak dapat memahami cerita dengan baik.
Downloads
References
24 September 2013).
Elizabeth, B Hurlock (2008). Perkembangan Anak . http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab4/2008-2-00119-DS%20bab%204.pdf. (Diakses pada tanggal 24 September 2013).
Agevisual (2008). http://agesvisual.wordpress.com/2008/01/18/animasi-dalam-teori/. (Diakses pada tanggal 26 September 2013).
Haryanto (2012). http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/ (Diakses pada tanggal 26 September 2013).
Long, G. (2008). Motion Comics: A State of the Art. http://www.guttergeek.com/motioncomics/motioncomics.html. (Diakses pada tanggal
26 September 2013)
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.