PEMBUATAN MOTION COMIC CERITA SEJARAH AWAL BERDIRINYA KERAJAAN MAJAPAHIT
Abstract
Indonesia mempunyai beragam budaya. Salah satu cara menjaga kelestarian budaya Indonesia adalah memahami budaya tersebut. Mengerti sejarah dapat menjadi pilihan yang cukup mudah untuk dapat memahami suatu budaya dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Hanya saja, cerita sejarah yang beredar di masyarakat saat ini disajikan dengan tampilan yang kurang menarik dan kalah oleh budaya luar sehingga ketertarikan masyarakat sangat minim, khususnya generasi muda. Dari permasalahan yang sudah disebutkan di atas, maka dibutuhkan sebuah penyajian cerita sejarah yang lebih menarik . Untuk itu, dibuatlah sebuah aplikasi multimedia interaktif yang menceritakan tentang cerita sejarah awal berdirinya Kerajaan Majapahit dengan judul Motion Comic Cerita Sejarah Awal Berdirinya Kerajaan Majapahit. Aplikasi ini ditujukan untuk anak berusia 13-15 tahun.
Downloads
References
Comics Online. http://newteevee.com/2008/07/30/the‐rise‐of‐motion‐comics‐online/. (Diakses pada tanggal 10 Maret 2013).
Draper, C. (2010). What's the Point of a Motion
Comic. http://comicsworthreading.com/2009/08/23/e‐point‐of‐a‐motion‐comic/. (Diakses pada tanggal 10 Maret 2013).
Long, G. (2008). Motion Comics: A State of
the Art. http://www.guttergeek.com/
motioncomics/ motioncomics.html.
(Diakses pada tanggal 20 Maret 2013).
Marvel Comic. Marvel Motion Comics.
http://www.marvel.com/motion_comics (Diakses pada tanggal
30 Maret 2013).
Santoso, T . (1997). Ilmu Budaya Dasar.
Surabaya: Citra Media.
Supriyoko. (1997). Budaya Indonesia
Menyongsong Era 2000. Jakarta:
Yayasan Ki Hajar Dewantara.
Badrika , W. (2006). Sejarah Untuk SMA
Kelas XI, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kartodirijo, S. (1975). Sejarah Nasional
Indonesia. Jakarta : Depdikbud.
Miksic, J. (1996). Indonesian Heritage:
Ancient History. Singapura: Gorlier
International Inc.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.