PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL "SHAPE CODE" PADA PLATFORM ANDROID
Abstract
Menurut Grande (1987), visual spasial adalah kemampuan mengenali dan membedakan bentuk-bentuk yang mempengaruhi ruangan dan untuk meningkatkannya diperlukan pengalaman sebelumnya. Visual spasial dapat membantu dalam pelajaran matematika terutama geometri. Geometri adalah pelajaran yang berhubungan dengan kedudukan bentuk, garis, titik dan ruang. Namun saat ini, kemampuan geometri anak SMA sangat rendah. Kemampuan visual spasial dapat ditingkatkan dengan berlatih. Namun anak SMA lebih menyukai menghabiskan waktu luang dengan bermain game pada perangkat mobile. Saat ini perangkat mobile terbanyak menggunakan Android. Karena itu perlu dibuat game Android yang dapat meningkatkan kemampuan visual spasial. Permainan board "Colour Code" yang dikeluarkan oleh SmartGames merupakan permainan puzzle dengan peraturan yang sederhana. Permainan ini adalah menyusun bangun-bangun datar yang disediakan menjadi bangun lain yang tergambar pada buku soal. Dari wawancara dan observasi pada anak SMA, didapatkan anak SMA senang bermain bersama teman, karena itu ditambahkan fitur 2 pemain. Aplikasi ini telah melalui proses uji coba dan evaluasi dengan melakukan tes pada anak SMA. Hasil yang didapat, kemampuan visual spasial anak SMA dapat meningkat setelah bermain "Shape Code".
Downloads
References
Budiarto, Megah Teguh. 2004. Karakteristik Tentang Bentuk Kesalahan Dalam Menyelesaikan Permasalahan Geometri.
Cannon, Thomas. (2012) An Introduction to Color Theory for Web Designers. http://webdesign.tutsplus.com/articles/design-theory/an-introduction-to-color-theory-for-web-designers. (Diakses pada tanggal 8 November 2013).
Cole, Stacey. (2013), Serif vs. Sans: the final battle. http://www.webdesignerdepot.com/2013/03/serif-vs-sans-the-final-battle. (Diakses pada tanggal 6 November 2013).
Developer Android. Exploring the SDK. http://developer.android.com/sdk/exploring.html. (Diakses pada tanggal 19 November 2013).
Kim, Scott. What is Puzzle. http://www.scottkim.com/thinkinggames/whatisapuzzle. (Diakses pada tanggal 20 November 2013).
Khoriyah, Nur. 2013. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol.1 No.1.
PhoneGap Documentation. Overview. http://docs.phonegap.com/en/edge/guide_overview_index.md.html#Overview. (Diakses pada tanggal 20 November 2011).
StatCounter. Top 8 Mobile Operating Systems. http://gs.statcounter.com/#mobile_os-ID-monthly-201305-201310-bar. (Diakses pada tanggal 19 November 2013).
The Games Journal. My Entire Waking Life. http://www.thegamesjournal.com/articles/MyEntireWakingLife.shtml. (Diakses pada tanggal 20 November 2013).
The Games Journal. What is a Game. http://www.thegamesjournal.com/articles/WhatIsaGame.shtml. (Diakses pada tanggal 20 November 2013).
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.