PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL "SHAPE CODE" PADA PLATFORM ANDROID

  • Errin Soelistijo Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 74 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 194 times
Keywords: visual spasial, puzzle, game, Android

Abstract

Menurut Grande (1987), visual spasial adalah kemampuan mengenali dan membedakan bentuk-bentuk yang mempengaruhi ruangan dan untuk meningkatkannya diperlukan pengalaman sebelumnya. Visual spasial dapat membantu dalam pelajaran matematika terutama geometri. Geometri adalah pelajaran yang berhubungan dengan kedudukan bentuk, garis, titik dan ruang. Namun saat ini, kemampuan geometri anak SMA sangat rendah. Kemampuan visual spasial dapat ditingkatkan dengan berlatih. Namun anak SMA lebih menyukai menghabiskan waktu luang dengan bermain game pada perangkat mobile. Saat ini perangkat mobile terbanyak menggunakan Android. Karena itu perlu dibuat game Android yang dapat meningkatkan kemampuan visual spasial. Permainan board "Colour Code" yang dikeluarkan oleh SmartGames merupakan permainan puzzle dengan peraturan yang sederhana. Permainan ini adalah menyusun bangun-bangun datar yang disediakan menjadi bangun lain yang tergambar pada buku soal. Dari wawancara dan observasi pada anak SMA, didapatkan anak SMA senang bermain bersama teman, karena itu ditambahkan fitur 2 pemain. Aplikasi ini telah melalui proses uji coba dan evaluasi dengan melakukan tes pada anak SMA. Hasil yang didapat, kemampuan visual spasial anak SMA dapat meningkat setelah bermain "Shape Code".

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baddass Javascript. (2011), LimeJS: A New HTML5 Game Engine. http://badassjs.com/post/3200945950/limejs. (Diakses pada tanggal 20 November 2013).

Budiarto, Megah Teguh. 2004. Karakteristik Tentang Bentuk Kesalahan Dalam Menyelesaikan Permasalahan Geometri.

Cannon, Thomas. (2012) An Introduction to Color Theory for Web Designers. http://webdesign.tutsplus.com/articles/design-theory/an-introduction-to-color-theory-for-web-designers. (Diakses pada tanggal 8 November 2013).

Cole, Stacey. (2013), Serif vs. Sans: the final battle. http://www.webdesignerdepot.com/2013/03/serif-vs-sans-the-final-battle. (Diakses pada tanggal 6 November 2013).

Developer Android. Exploring the SDK. http://developer.android.com/sdk/exploring.html. (Diakses pada tanggal 19 November 2013).

Kim, Scott. What is Puzzle. http://www.scottkim.com/thinkinggames/whatisapuzzle. (Diakses pada tanggal 20 November 2013).

Khoriyah, Nur. 2013. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol.1 No.1.

PhoneGap Documentation. Overview. http://docs.phonegap.com/en/edge/guide_overview_index.md.html#Overview. (Diakses pada tanggal 20 November 2011).

StatCounter. Top 8 Mobile Operating Systems. http://gs.statcounter.com/#mobile_os-ID-monthly-201305-201310-bar. (Diakses pada tanggal 19 November 2013).

The Games Journal. My Entire Waking Life. http://www.thegamesjournal.com/articles/MyEntireWakingLife.shtml. (Diakses pada tanggal 20 November 2013).

The Games Journal. What is a Game. http://www.thegamesjournal.com/articles/WhatIsaGame.shtml. (Diakses pada tanggal 20 November 2013).
Published
2014-03-01