PERUMUSAN VISI, MISI & VALUE STATEMENT SERTA STANDARISASI PROSES BISNIS PADA PERUSAHAAN BERBASIS BISNIS KELUARGA
Abstract
Perkembangan bisnis keluarga di Indonesis begitu pesat dan luar biasa. Sayangnya tidak banyak dari perusahaan keluarga yang tumbuh, dapat bertahan lintas generasi untuk mempertahankan masa kejayaannya. Beberapa permasalahan yang menonjol salah satunya adalah ketidakmampuan sebuah perusahaan untuk mengatur arah perkembangan perusahaan. Perumusan visi dan misi perusahaan menjadi salah satu hal yang penting dalam mengatur arah perkembangan perusahaan. Perumusan visi dan misi perusahaan tidaklah cukup dan harus diimbangi dengan adanya value statement dari perusahaan untuk mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan yang sudah dirumuskan sebelumnya.Visi, misi dan value statement dalam perusahaan menjadi faktor penting dalam memberikan arah perusahaan berkembang. Beberapa kesulitan lainnya adalah menterjemahkan visi dan misi tersebut, sehingga perlu dilakukan standarisasi proses bisnis yang dapat mencapai terwujudnya visi dan misi perusahaan melalui value yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Downloads
References
Deeds, D.L. and Demirkan,I. (2011). The Impact of Governance Structures on the Choice Between Exploration and Exploitation in Family Enterprises. Working Paper. University of ST. Thomas Minnesota
Harshman, Carl. L. (2006). Mission, Vision, Values : Toward Common Definitions.
http://apindonesia.com/new/index.php?option=com_content&task=view&id=2630&Itemid=46 (Accesed on 26 March 2012)
Kodrat, D.S & Gunawan, L. (2007). Life Cycle of Indonesian Family Business. Surabaya : Economy Faculty of International Business Management Department Ciputra University.
Muenstermann, B., Eckhardt, A. and Weitzel, T. (2009a), ‘‘The performance impact of business process standardization – an empirical evaluation’’, Business Process Management Journal, Vol. 16 No. 1, pp. 29-56.
Paisner, Marshall B. 1999. Sustaining The Family Business. Family Business Review.
Senge, P. (1990). The Fifth Discipline: The Art & Practice of The Learning Organization. United States of America
Umar, Husein. (2002). Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Cetakan kedua. Gramedia. Pustaka Utama: Jakarta
Weske, Mathias. (2007). Business Process Management: Concepts, Languages, Architectures. ISBN: 978 – 3 – 540 – 73521 - 2 © Springer - Verlag Berlin Heidelberg
Woiceshyn, J., Falkenberg, L. (2008). Value creation in knowledge-based firms: aligning problems and resources. The Academy of Management Perspectives , Volume 22, no. 2, pp. 85-99
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.