TIPE FOLLOWERSHIP DAN PLAYER EFFICIENCY RATING (PER): TIM BASKET PROFESONAL NATIONAL BASKETBALL LEAGUE (NBL)

  • Lovina Wijaya Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 143 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 297 times
Keywords: followership, tipe followership, performa atlet, Player Efficiency Rating.

Abstract

Permainan bola basket adalah permainan yang membutuhkan teamwork antar pemain (follower) dan pelatih (leader) untuk mencapai tujuan tim. Dalam penelitian ini subjek pemain sebagai followers akan dilihat tipe followershipnya yang berarti merupakan kemampuan seseorang untuk menjalankan perintah pelatih secara benar (Thach et al, 2006). Perbedaan tipe followership memiliki cara kerja yang berbeda dan menunjukan performa yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah performa atlet yang diukur dengan Player Efficiency Rating (PER) dapat dibedakan melalui tipe followership. Subjek penelitian ini adalah seluruh atlet National Basketball League (NBL) yang bermain pada Preseason 2013 sebanyak 165 atlet. Data diperoleh dengan menggunakan data performa preseason atlet dan angket tipe followership yang diadaptasi berdasarkan angket tipe followership Kelley. Pada penelitian ini ditemukan tidak adanya perbedaan performa jika ditinjau melalui tipe followership (T=0.106, p>0.05). Namun, penelitian ini menemukan perbedaan performa hanya jika membandingkan performa tipe followership exemplary dengan tipe followership bystander (T=0.030, p<0.05). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dirks. K. T. (2000). Trust in Leadership and Team Perforance : Evidence from NCAA Basketball. Journal of Applied Psychology, 85.6(2000), 1004-1012.

FIBA, PERBASI (n.d). Bola Basket Untuk Semua. Diunduh pada tanggal 19 mei 2012 dari www.Fiba.com

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Olahraga, Jakarta: BPK Gunung Mulya.

Ibanez, S. J et atl. (2009). Effects of Consecutive Basketball Games on The Game Related Statistics That Discriminate Winner and Losing Teams. Journal of Sport Science and Medicine, 8, 458 – 462.

Johnson, C. E. (2009). Introducing Followership into the Leadership Classroom: An Integrative Approach. Journal of Leadership Education, 8(2).

Kalkhoran, M. A. N. et al. (2013). The Comparison of Employees’ Followership Styles in Their Job Attitudes. International Journal of Psychology and Behavioral Research, 2(3), 115-123.

National Basketball League Indonesia. Diunduh dari http://nblindonesia.com/v1/

Neuman, W. L. (2007). Basic of social research qualitative and quantitative approaches (2nd ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Oyetunji, C. O. (2013). The Relationship between Followership Style and Job Performance in Botswana Private Universities. International Education Studies, 6(2).

Riggio, R. E et al. (2008). The Art of Followership. Kelley, R. E, Rethinking Followership (pp 5-15). San Francisco, 989 Market Street

Smith, R. E et al. (2007). Effects of a Motivational Climate Intervention for Coaches on Young Athletes’ Sport Performance Anxiety. Journal of Sport & Exercise Psychology, 29, 39-59.

Sujianto, A. E. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Published
2014-03-01