PEMBUATAN MOTION COMIC HIKAYAT CANDI PRAMBANAN
Abstract
Cerita rakyat adalah sebuah peninggalan budaya bangsa Indonesia. Cerita rakyat sudah diceritakan dengan berbagai macam cara dan media, dari generasi ke generasi. Seiring perkembangan jaman, peminat dari cerita rakyat mulai berkurang. Masuknya kebudayaan asing akibat dari arus globaliasai yang cepat telah membuat cerita rakyat mulai tergusur. Generasi muda bangsa ini pun perlahan mulai melupakan keberadaan cerita rakyat. Dari permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah media yang dapat merangsang minat untuk membaca atau mengenal cerita rakyat. Untuk itu, dibuat sebuah aplikasi multimedia interaktif yang menceritakan cerita rakyat Candi Prambanan dengan judul Hikayat Candi Prambanan. Aplikasi ini ditujukan untuk para remaja, dengan umur 13-19 tahun. Dalam aplikasi motion comic ini, cerita Candi Prambanan dikemas dengan grafik 2d, animasi sederhana yang merupakan ciri khas motion comic, suara, dan sound effect. Aplikasi ini juga memiliki percabangan cerita, sehingga menambah keinteraktifan dan menjadikannya lebih menarik. Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi menghasilkan hasil yang memuaskan yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Dengan motion comic Hikayat Candi Prambanan dapat mengenalkan salah satu cerita rakyat yang terkenal di Indonesia
Downloads
References
Albert,A. (2012). Motion Comic Definition. http://comicbooks.about.com/od/glossary/g/Motion-Comic-Definition.htm. (Diakses pada tanggal 20 November 2012).
Danandjaja,J.1993. cerita rakyat dari bali.jakarta:PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Long,G. (2008). Motion Comics: A State of the Art. http://www.guttergeek.com/motioncomics/motioncomics.html. (Diakses pada tanggal 24 November 2012)
Maini,T.J., Atisah., Ni nyoman,S.(2003). Cerita rakyat dan objek pariwisata di Indonesia:teks dan analisis latar, Jakarta:pusat bahasa.
Suharianto. 1982. Dasar-Dasar Teori Sastra.Jakarta:Widya Duta Surakarta.
Sudiati,V., Sujiyati.(1994) Ulasan cerita rakyat jawa tengah : yayasan pustaka nusatara , Yogyakarta
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.