PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PERDAGANGAN PADA TOKO SEPATU “X”

  • Alan Setiadi Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 179 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 722 times
Keywords: sistem informasi perdagangan, pertimbangan pembelian, online shop

Abstract

Toko sepatu “X” adalah perusahaan perdagangan retail yang bergerak dibidang penjualan berbagai macam  jenis sepatu, tas, sandal, sabuk. Saat ini volume transaksi pembelian dan penjualan pada toko sepatu “X” sangat besar sehingga arsip data nota pembelian ataupun penjualan rawan hilang. Pemilik toko sering bingung saat akan melakukan pembelian barang karena tidak ada data yang dapat dipakai sebagai pertimbangan saat melakukan pembelian barang. Dengan adanya sistem informasi perdagangan pada toko sepatu “X”, resiko kehilangan arsip data dapat dikurangi. Pemilik toko dan karyawan dapat mengetahui data stok barang secara cepat karena tidak perlu melihat ke gudang secara langsung. Pemilik toko juga disajikan data laporan pertimbangan pembelian berdasarkan data penjualan sebelumnya dengan harapan memberi pertimbangan saat melakukan pembelian barang. Pada sistem juga disediakan fitur online shop untuk membantu mempromosikan barang melalui internet. Dari hasil uji coba yang dilakukan, pemilik toko dan karyawan merasa terbantu dalam melakukan pencatatan data transaksi dan data stok barang. Pemilik toko juga merasa terbantu  saat melakukan pembelian barang dengan adanya laporan pertimbangan. Situs online shop yang dibuat juga membantu pemilik toko mempromosikan barang dagangannya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahman, E, dan Indriani, E. 2007. Ekonomi dan Akuntansi : Membina Kompetensi Ekonomi. Jilid Ketiga. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Graffindo Media Pratama. Jakarta.

Diah, C. N. 2009. Identifikasi Karakteristik Tenaga Kerja Sektor Formal di Pasar Regional Pasar Baru Kota Bandung. Tugas Akhir. Program S1 Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Bandung.

Elmasri, R., dan Navathe, S. 2000. Fundamentals of Database Systems. 3rd ed. Busclen/Mowatt Fine arts Ltd. Vancouver.

Engel, J. F., Miniard P. W., dan Blackwell D. R. 2001. Consumer Behavior. 6th ed. South-Western College Pub. Ohio.

Jogiyanto, P. 2000. Analisis & Desain Sistem Informasi. Andi, Yogyakarta, Indonesia.

Kristianto, H. 2000. Konsep dan Perancangan Basis Data. Andi. Yogyakarta.

McLeod, R. 2001. Sistem Informasi Manajemen. 1st ed. Prenhallindo. Jakarta.

Nielsen, Jacob. 2000. Designing Web Usability: The Practice of Simplicity. USA: New Riders.

Rusanti, R. 2007. Pengaruh Symbolic, Affective Dan Tradeoff Value Terhadap Repurchase Intention. Skripsi. Program S1 Ekonomi Manajemen Universitas Indonesia. Jakarta.
Published
2014-03-01