PEMBUATAN PROGRAM PEMBELAJARAN INTEGER PROGRAMMING METODE BRANCH AND BOUND
Abstract
Linier programming adalah model yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pengalokasian sumber daya yang terbatas secara optimal. Namun solusi yang dihasilkan sering kali tidak berupa bilangan bulat, sedangkan beberapa permasalahan membutuhkan hasil berupa bilangan bulat. Integer programming adalah linier programming yang menghasilkan solusi berupa bilangan bulat. Model Integer programming dapat diselesaikan dengan metode Branch and Bound. Konsep dasar dari branch and bound adalah memecah masalah menjadi dua sub-masalah yang lebih kecil. Permasalahan yang dihadapi saat mempelajari metode Branch and Bound adalah tiap mahasiswa mempunyai kemampuan dan cara belajar yang berbeda, mahasiswa kesulitan menentukan variabel mana yang akan dicabangkan, dan cabang yang tidak mungkin memiliki nilai optimal. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan alat bantu CAL (Computer Aided Learning). CAL adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk belajar. CAL memungkinkan mahasiswa belajar secara mandiri di rumah. Materi pada CAL didesain untuk membantu pengguna mengatasi kesulitan yang dihadapi saat mempelajari metode Branch and Bound. Penggunaan CAL diharapkan dapat membantu mahasiswa. Dari jawaban kuisioner yang dibagikan, dapat ditarik kesimpulan, yaitu aplikasi yang dibuat dapat membantu pengguna memahami materi.
Downloads
References
Anonim. n.d., Solving Integer Programming with Branch-and-Bound Technique. http://www.columbia.edu/~cs2035/courses/ieor4600.S07/bb-lecb.pdf diunduh pada 14 maret 2012
Mustafa, Z. EQ., dan Parkhan, A., 2000. Belajar cepat linear programming dengan QS (Quantitative Systems). Yogyakarta: EKONISIA.
Prawirosentono, 2005. Riset Operasi dan Ekonofisika (Operations Research & Econophysics). Jakarta: Bumi Aksara.
Puryani, dan Ristono, A., 2012. Penelitian Operasional. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siswanto, 2007. Operations Research Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Son, J.-B. (2002). Computers, learners and teachers: Teamwork in the CALL classroom. English Language Teaching, 14 (2), 239-252.
Taha, H. A., 2011. Operations Research An Introduction 9th Edition. Upper Saddle River: Pearson.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.