PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 di PT. BRANTAS TEKNIK UNGGUL, SURABAYA

  • Davin Otniel Tjoputro Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 139 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 247 times

Abstract

Era Globalisasi telah berlangsung sangat cepat di Indonesia. Untuk itu,  perusahaan harus memiliki daya saing tinggi agar dapat bertahan di era ini. PT. Brantas Teknik Unggul sebagai objek peneletian merupakan salah satu vendor Ubaya dan memiliki ikatan kontrak untuk melakukan service dan maintenance AC. Ubaya telah memiliki sertifikat ISO sehingga menuntut vendor untuk memiliki suatu sistem yang dapat melaksanakan perbaikan berkelanjutan. Atas dasar itu serta juga dapat berdampak pada image perusahaan di customer umum, maka PT. Brantas Teknik Unggul memiliki komitmen untuk dapat merancang, menerapkan dan mengevaluasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2008. Adapun hal yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Analisis GAP dan pengecualian klausul 7.3 ; perubahan struktur organisasi dan job description ; penyusunan proses bisnis ; penyusunan 6 prosedur mutu wajib, 1 tambahan improvement dan SOP ( Standard Operation Procedure); evaluasi implementasi prosedur mutu dan SOP. Prosedur yang diterapkan selama implementasi adalah 2 prosedur mutu wajib ( kepuasaan pelanggan dan tindakan perbaikan pencegahan) dan 2 prosedur tambahan ( keluar masuk barang dan check inventory). Hasil implementasi sebagai berikut : Hasil kerja yang kurang rapi dan ketidakjelasan dari konsumen terkait garansi barang yang diberikan oleh PT. Brantas Teknik Unggul. Hasil evaluasi dari penerapan ini adalah masih diperlukan waktu  untuk menerapkan sistem ini diperusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chatab, N. (1997), Mendokumentasikan Sistem Mutu ISO 9000 Edisi 1, Andy, Yogyakarta.

Gasperz, V. (2001), ISO 9000:2000 and Continual Quality Improvement, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Goetsch D.L. & Davis D.L. (2002), Introduction to Total Quality: Quality Management for Production, Process, and Service Edisi Terjemahan, PT Prenhalindo, Jakarta.

Gronross, C. (1990), Service Management and Marketing: A moment of Truth, Maxwell Macmillan International, Singapura.

Hoyle, D. (2002), ISO 9000 Quality System Handbook Fourth Edition, Butterrworth-Heinemaann, Oxford

Kotler, P. (2000), Manajemen Pemasaran Edisi Milenium, Prentice Hall, Jakarta.

Kreitner, R. & Kinicki, A. (2003), Perilaku Organisasi Edisi Bahasa Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Kujala, J. & Ullrank, P. (2004), Total Quality Management as a Cultural Phenomenon, [Online]. Available at: www.asq.org (akses: 20 Desember 2013).

Payne, A. (2000), Pemasaran Jasa, Andy, Yogyakarta.
Published
2014-03-01