PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 di PT. BRANTAS TEKNIK UNGGUL, SURABAYA
Abstract
Era Globalisasi telah berlangsung sangat cepat di Indonesia. Untuk itu, perusahaan harus memiliki daya saing tinggi agar dapat bertahan di era ini. PT. Brantas Teknik Unggul sebagai objek peneletian merupakan salah satu vendor Ubaya dan memiliki ikatan kontrak untuk melakukan service dan maintenance AC. Ubaya telah memiliki sertifikat ISO sehingga menuntut vendor untuk memiliki suatu sistem yang dapat melaksanakan perbaikan berkelanjutan. Atas dasar itu serta juga dapat berdampak pada image perusahaan di customer umum, maka PT. Brantas Teknik Unggul memiliki komitmen untuk dapat merancang, menerapkan dan mengevaluasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2008. Adapun hal yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Analisis GAP dan pengecualian klausul 7.3 ; perubahan struktur organisasi dan job description ; penyusunan proses bisnis ; penyusunan 6 prosedur mutu wajib, 1 tambahan improvement dan SOP ( Standard Operation Procedure); evaluasi implementasi prosedur mutu dan SOP. Prosedur yang diterapkan selama implementasi adalah 2 prosedur mutu wajib ( kepuasaan pelanggan dan tindakan perbaikan pencegahan) dan 2 prosedur tambahan ( keluar masuk barang dan check inventory). Hasil implementasi sebagai berikut : Hasil kerja yang kurang rapi dan ketidakjelasan dari konsumen terkait garansi barang yang diberikan oleh PT. Brantas Teknik Unggul. Hasil evaluasi dari penerapan ini adalah masih diperlukan waktu untuk menerapkan sistem ini diperusahaan.
Downloads
References
Gasperz, V. (2001), ISO 9000:2000 and Continual Quality Improvement, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Goetsch D.L. & Davis D.L. (2002), Introduction to Total Quality: Quality Management for Production, Process, and Service Edisi Terjemahan, PT Prenhalindo, Jakarta.
Gronross, C. (1990), Service Management and Marketing: A moment of Truth, Maxwell Macmillan International, Singapura.
Hoyle, D. (2002), ISO 9000 Quality System Handbook Fourth Edition, Butterrworth-Heinemaann, Oxford
Kotler, P. (2000), Manajemen Pemasaran Edisi Milenium, Prentice Hall, Jakarta.
Kreitner, R. & Kinicki, A. (2003), Perilaku Organisasi Edisi Bahasa Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.
Kujala, J. & Ullrank, P. (2004), Total Quality Management as a Cultural Phenomenon, [Online]. Available at: www.asq.org (akses: 20 Desember 2013).
Payne, A. (2000), Pemasaran Jasa, Andy, Yogyakarta.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.