SELF-EFFICACY DAN FLOW AKADEMIK DITINJAU DARI TEMPORAL MOTIVATION THEORY PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI

  • Melisa Santoso Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 1435 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1993 times
Keywords: self-efficacy, flow, akademik, temporal motivation theory

Abstract

Flow akademik merupakan suatu kondisi ketika individu merasa fokus, menikmati aktivitas akademik, dan didorong dengan adanya motivasi intrinsik. Dalam penelitian Salanova, Bakker, dan Llorens (2006), flow di bidang kerja berhubungan positif dengan self-efficacy. Subjek penelitian tersebut terdiri atas 258 guru dari 24 sekolah yang berbeda, sehingga lingkungan subjek berbeda-beda. Selain itu adapun peneliti sebelumnya yang telah meneliti hubungan kedua variabel ini menggunakan kerangka berpikir temporal motivation theory (TMT). Namun, TMT hanya digunakan sebagai kerangka teoritis dan belum diuji secara empirik, maka dari itu peneliti ingin mengujinya secara empirik. Populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2012, yang berjumlah 166. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-random sampling, yaitu purposive non-random sampling. Hasil penelitian ini menyatakan, terdapat hubungan positif antara self-efficacy akademik dan flow akademik pada mahasiswa dengan nilai korelasi 0.295. Dapat diketahui juga bahwa TMT tidak memperkuat atau memperlemah hubungan antara dua variabel tersebut. Untuk memperbesar kemungkinan terjadinya flow akademik, perlu ditingkatkan self-efficacy akademik dengan cara mendapatkan nilai yang baik mulai dari semester awal karena banyaknya pengalaman keberhasilan akan meningkatkan self-efficacy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company.

Bakker, A. B. (2007). The work-related flow inventory: Construction and initial validation of the WOLF. Journal of Vocational Behavior, 72, 400-414.

Csikszentmihalyi, M. (1990). Flow: The psychology of optimal experience. New York: Harper Collins.

Csikszentmihalyi, M. (1997). Finding flow: The psychology of engagement with everyday life. New York: Harper Perennial.

Elias. H., Noordin, N., & Mahyuddin, R. H. (2010). Achievement motivation and self-efficacy in relation to adjustment among university students. Diunduh dari http://www.scipub.org/fulltext/jss/jss63333-339.pdf

Hamilton, J.A., Haier, R.J., & Buchsbaum, M.S. (1984). Intrinsic enjoyment and boredom coping scales: Validation with personality, evoked potential and attention measures. Personality and individual differences. 5(2), 183-193.

Hemphill, J. F. (2003). Interpreting the magnitudes of correlation coefficients. American Psychological Association, 58(1), 78-80.

Hjelle, L.A. & Ziegler, D.J. (1992). Personality theories: Basic assumptions research and applications (3th ed). Singapore: Mc Graw Hill.

Jackson, S. A., & Csikszentmihalyi, M. (1999). Flow in sports. The keys to optimal experience and performance. Champaign, IL, USA: Human Kinetics.

Klassen, R. M., Krawchuk, L. L., Rajani, S. (2007). Academic procrastination of undergraduates: Low self-efficacy to self-regulate predicts higher levels of procrastination. Edmonton, AB, Canada: Department of Educational Psychology, University of Alberta.

Lee, E. (2005). The relationship of motivation and flow experience to academic procrastination inuniversity student. Journal of Genetic Psychology, 166(1), 5-14.

Maddux, J. E. (1991). Self-efficacy, adaption, and adjustment: Theory, research, and application (pp. 341-345). New York, NY: Plenum.

Nakamura, J. & Csikszentmihalyi, M. (2002). The concept of flow. Diunduh dari http://myweb.stedwards.edu/michaelo/2349/paper1/ConceptOfFlow.pdf

Pavlas, D. (2010). A model of flow and play in game-based learning: The impact of game characteristics, player traits, and player states. Diunduh dari http://onidavin.navistudios.net/Pavlas_Davin_A_201012_PhD.pdf
Published
2014-03-01