JURNAL TUGAS AKHIR FAKTOR-FAKTOR YANG MEMEGARUHI PENGGUNAAN MAKE-UP PADA PEREMPUAN EMERGING ADULTHOOD
Abstract
Cinta, karir, dan pandangan hidup merupakan fokus utama individu pada masa emerging adulthood. Untuk mencapai ketiga fokus tersebut salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan make-up. Menggunakan make-up akan membuat perempuan tampil cantik dan menarik. Namun tidak hanya sekedar untuk menjadi cantik, perempuan juga memiliki pertimbangan lain yang mendasari ketika menggunakan make-up terutama yang berkaitan dengan fokus hidupnya pada tahap emerging adulthood. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada faktor psikologis yang mendasari penggunaan make-up seperti kepribadian, self estem, dan body image. Oleh karena itu melalui penelitian ini peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan make-up pada perempuan emerging adulthood. Subjek penelitian ini adalah 114 mahasiswi Universitas Surabaya usia 18-25 tahun yang pernah menggunakan minimal 2 jenis make-up (tidak termasuk bedak). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis faktor. Teknik sampel yang digunakan adalah tipe non-random, snowball dan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan make-up pada perempuan emerging adulthood adalah: ekstraversion, neuroticism, body-image, anxiety, assertiveness, tuntutan situasi terkait gender role, kondisi fisik yang mempengaruhi personal relationship, romantic relationship, dan penerimaan sosial. Faktor-faktor tersebut merupakan faktor-faktor psikologis yang berkaitan dengan fungsi sosial yaitu ketika individu berinteraksi dengan lingkungannya.
Downloads
References
Korichi, R., Pelle-De-Queral, D., Gazano, G., & Aubert, A. (2008). Why Women Use Make Up: Implication Of Psychological Traits In Makeup Functions. J. Cosmet.Sci. 59, 127-137.
Listianti, Sri Mulia. (2013). Makna Berdandan Perempuan (Studi Kasus Tentang Penggunaan Make Up Pada Sales Promotion Girl Di Kota Surabaya. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Melliana, A. (2006). Menjelajah Tubuh: Perempuan dan Mitos Kecantikan. Yogyakarta: LKIS.
Puji, M. ( 2012). Self Esteem Dan Fungsi Psikologis Make-Up Pada Perempuan Emerging Adulthood. Skripsi. Tidak diterbitakan. Universitas Surabaya.
Scott, S. (2007). Influence of Cosmetics on Confidence of Collage Women: An Exploratory Study. Hangover Collage.
Yuwanto, L. (2010). Make-Up= Memoles, Susuk= Membentuk: Sebuah Studi Kecantikan Pada Pekerja Seks Komersial. Diunduh dari https://www.ubaya.ac.id/2013/contenct/articles_detail/19/Make-up---Memoles--Susuk---Membentuk---Sebuah-Studi-Kecantikan-Pada-Pekerja-Seks-Komersial.html
Yuwanto, L (2010). Mobile Phone Addict. Surabaya. Putra Media Nusantara.
Yuwanto, L. (2010). Fungsi Make-up Dari Tinjauan Psikologi. Diunduh dari http://www.ubaya.ac.id/ubaya/articles_detail/12/Fungsi-Make-up-dari-Tinjauan-Psikologi.html
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.