JURNAL TUGAS AKHIR FAKTOR-FAKTOR YANG MEMEGARUHI PENGGUNAAN MAKE-UP PADA PEREMPUAN EMERGING ADULTHOOD

  • Irawati Kartono Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 1863 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 2114 times
Keywords: make-up, emerging adulthood, perempuan

Abstract

Cinta, karir, dan pandangan hidup merupakan fokus utama individu pada masa emerging adulthood. Untuk mencapai ketiga fokus tersebut salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan make-up. Menggunakan make-up akan membuat perempuan tampil cantik dan menarik. Namun tidak hanya sekedar untuk menjadi cantik, perempuan juga memiliki pertimbangan lain yang mendasari ketika menggunakan make-up terutama yang berkaitan dengan fokus hidupnya pada tahap emerging adulthood. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada faktor psikologis yang mendasari penggunaan make-up seperti kepribadian, self estem, dan body image. Oleh karena itu melalui penelitian ini peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan make-up pada perempuan emerging adulthood. Subjek penelitian ini adalah 114 mahasiswi Universitas Surabaya usia 18-25 tahun yang pernah menggunakan minimal 2 jenis make-up (tidak termasuk bedak). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis faktor. Teknik sampel yang digunakan adalah tipe non-random, snowball dan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan make-up pada perempuan emerging adulthood adalah: ekstraversion, neuroticism, body-image, anxiety, assertiveness, tuntutan situasi terkait gender role, kondisi fisik yang mempengaruhi personal relationship, romantic relationship, dan penerimaan sosial. Faktor-faktor tersebut merupakan faktor-faktor psikologis yang berkaitan dengan fungsi sosial yaitu ketika individu berinteraksi dengan lingkungannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnett, Jeffrey Jensen. (2000). Emerging Adulthood : A Theory of Development From the Late Teens Through the Twenties

Korichi, R., Pelle-De-Queral, D., Gazano, G., & Aubert, A. (2008). Why Women Use Make Up: Implication Of Psychological Traits In Makeup Functions. J. Cosmet.Sci. 59, 127-137.

Listianti, Sri Mulia. (2013). Makna Berdandan Perempuan (Studi Kasus Tentang Penggunaan Make Up Pada Sales Promotion Girl Di Kota Surabaya. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Melliana, A. (2006). Menjelajah Tubuh: Perempuan dan Mitos Kecantikan. Yogyakarta: LKIS.

Puji, M. ( 2012). Self Esteem Dan Fungsi Psikologis Make-Up Pada Perempuan Emerging Adulthood. Skripsi. Tidak diterbitakan. Universitas Surabaya.

Scott, S. (2007). Influence of Cosmetics on Confidence of Collage Women: An Exploratory Study. Hangover Collage.

Yuwanto, L. (2010). Make-Up= Memoles, Susuk= Membentuk: Sebuah Studi Kecantikan Pada Pekerja Seks Komersial. Diunduh dari https://www.ubaya.ac.id/2013/contenct/articles_detail/19/Make-up---Memoles--Susuk---Membentuk---Sebuah-Studi-Kecantikan-Pada-Pekerja-Seks-Komersial.html

Yuwanto, L (2010). Mobile Phone Addict. Surabaya. Putra Media Nusantara.

Yuwanto, L. (2010). Fungsi Make-up Dari Tinjauan Psikologi. Diunduh dari http://www.ubaya.ac.id/ubaya/articles_detail/12/Fungsi-Make-up-dari-Tinjauan-Psikologi.html
Published
2014-03-01