EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA SIKLUS PENDAPATAN DAN PENERIMAAN KAS UNTUK MENGATASI FRAUD TOKO SM DI JEMBER

  • Stephanie Margareth Wiguna Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 1386 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1232 times
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Siklus Pendapatan dan Penerimaan Kas, Pengendalian Internal, Software Custom Shop, Evaluasi

Abstract

Penelitian ini berjenis applied research yang bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pengendalian internal, serta memberikan rekomendasi perancangan sistem informasi akuntansi khususnya pada siklus pendapatan dan penerimaan kas toko SM. SM Shop mulai menerapkan sistem baru yang dinamakan custom shop sejak pertengahan tahun 2014. Toko SM berlokasi di Jember, merupakan suatu badan usaha yang bergerak di bidang perdagangan barang-barang elektronik dan listrik.Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara melakukan observasi, wawancara, serta analisis dokumen pada toko SM yang kemudian dilakukan analisis lebih mendalam. Berdasarkan temuan yang didapatkan selama masa penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa toko SM belum menerapkan software custom shop pada badan usaha secara maksimal, tidak ada pembagian wewenang dan tanggung jawab yang jelas antara karyawan, serta penerapan prosedur pada siklus pendapatan dan penerimaan kas kurang sistematis. Hasil dari penelitian ini akan memberikan solusi serta rekomendasi mengenai perbaikan fitur yang diperlukan pada software custom shop serta perancangan sistem informasi akuntansi khususnya pada siklus pendapatan dan penerimaan kas berupa perancangan struktur organisasi lengkap dengan job desk masing-masing karyawan, narasi, flowchart, dokumen dan laporan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja operasional badan usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2006) Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Yustisia.

Anonim. (2008) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Boynton, Willian C. dan Raymon N. Johnson. (2006)Modern Auditing: Assurance Services and The Integrity of Financial Reporting, 8th Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Hall, James A. (2008)Accounting Information Systems, 6th edition. Ohio, Canada: Thomson South-Western.

Koploy, Michael. (2013)Point of Sales Software BuyerView 2013 [online]. Available: http://www.softwareadvice.com/retail/buyerview/report-2013/.

Krismiaji. (2002) Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Penerbit Unit dan Percetakan AMP YKPN.

Mulyadi. (2008) Sistem Akuntansi, Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Pressman, Roger S. (2010)Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th edition. McGraw: Hill Higher Education.

Radhi, Fuad El. (2010) Gelombang Baru Digitalpreneur Indonesia [online]. http://teknologi.kompasiana.com/internet/2013/11/11/geliat-digitalpr eneur-indonesia-607136.html.

Romney, Marshall B. dan Paul John Steinbart. (2012)Accounting Information Systems, 12th edition. USA: Prentice Hall inc.

Sawyer, Lawrence.Mortimer A. Dittenhofer. James H. Scheiner. Anne Graham. dan Paul Makosz . (2003)Internal Auditing: The Practice of Modern Internal Auditing, 5th edition. Florida: The Institute of Internal Auditors.

Stalling, William. (2006)Computer Organization and Architecture: Designing for Performance, 7th edition. Pearson Education International.

Tunggal. Amin Widjaya. (2009) Kecurangan Laporan Keuangan. Jakarta: Harvarindo.

Winarno, Wing Wahyu. (2006) Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit UPP STIM YKPN.
Published
2018-03-01