ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2003-2012

  • Rita Karina Jurusan Manajemen Keuangan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 483 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 402 times
Keywords: Initial Public Offering, Underpricing, dan Signaling Equilibrium Phenomenom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh risiko kebangkrutan, proporsi utang, reputasi underwriter, umur perusahaan, operating profit margin, total asset turnover, dan return on investment  terhadap tingkat underpricing saham IPO. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Eviews 6.10 for windows. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia yang melakukan IPO pada periode tahun 2003-2012 di luar perusahaan sektor keuangan, mengalami underpricing dan memiliki informasi yang lengkap pada prospektus perusahaan. Berdasarkan kriteria tersebut maka sebanyak 88 perusahaan terpilih sebagai sampel penelitian ini. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa risiko kebangkrutan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap initial return, reputasi underwriter, OPM, TATO, dan ROI memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap initial return. Sedangkan variabel lainnya tidak terbukti mempengaruhi initial return.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, S. N, 2009, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Perusahaan IPO di BEI, Jurnal Manajemen, Universitas Negeri Surabaya.

Aisyah, 2009, Pengaruh Variabel-Variabel Keuangan pada Initial Return Saham di Pasar Perdana, Trikonomika, Vol. 8, No. 1.

Ang, Robert, 1997, Buku Pintar Pasar Modal Indonesia, Mediasoft Indonesia.

Aridhonda, 2013, Pengaruh Likuiditas, Total Asset Turnover, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Initial Return pada Perusahaan yang Melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012, Universitas Negeri Padang.

Daljono, 2000, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Initial Return Saham yang Listing di BEJ tahun 1990-1997, Simposium Nasional Akuntansi III, IAI.

Darmadji, Tjiptono, 2011, Pasar Modal di Indonesia, Edisi Ketiga, Jakarta:Salemba Empat.

Ernyan dan Husnan, 2002, Perbandingan Underpricing Penerbitan Saham Perdana Perusahaan Keuangan dan Non-Keuangan di Pasar Modal Indonesia: Pengujian Hipotesis Asimetri Informasi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 372-383.

Febriani, Liza, 2013, Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Initial Return pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering, Universitas Negeri Padang.

Gujarati, 2010, Basic Econometrics Edisi 5, Jakarta:Salemba Empat.

Ghozali, Imam dan Mudrik Al Mansur, 2002, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpriced di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 4, No. 1.

Ibbotson, R.G., dan Ritter J.R., 1995, Initial Public Offering, Handbooks of Operational Research and Management Science:Finance, Vol. 12.

Indah, Rani, 2006, Analisis Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan terhadap Initial Return dan Return 7 Hari Setelah IPO di Bursa Efek Jakarta, Tesis, Universitas Diponegoro.

Jogiyanto dan Syaiful, 2002, Pengaruh Pemilihan Metode Akuntansi terhadap Tingkat Underpricing IPO, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia.

Kristanto, A.A, 2012, Risiko Kebangkrutan, Proporsi Hutang dan Fenomena Underpricing pada IPO: Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia. JRMB, Vol. 7, No. 1.

Kurniawan, Benny, 2007, Analisis Pengaruh Variabel Keuangan dan Non Keuangan terhadap Initial Return dan Return 7 Hari Setelah IPO, Universitas Gunadarma.

Martani, Dwi dan Yolana, Chastina, 2005, Variabel-variabel yang mempengaruhi fenomena underpricing pada penawaran saham perdana di BEJ tahun 1994-2001, Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo.

Samsul, Mohamad, 2006, Pasar Modal dan Manajemen Portofolio, Jakarta: Erlangga.

Trisnaningsih, Sri, 2005, Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing pada Perusahaan yang Go Public di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 4, No. 2.
Published
2015-09-01