STUDI PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh tata kelola perusahaan (corporate governance) terhadap nilai perusahaan. Tata kelola perusahaan merupakan sebuah mekanisme penting bagi tiap perusahaan, karena dengan menerapkan tata kelola yang baik, maka perusahaan akan dapat beroperasi secara efektif dan efisien yang berarti akan menaikkan nilai perusahaan. Tata kelola perusahaan dalam penelitian ini diproksikan ke dalam beberapa variabel, seperti komisaris independen, dewan direksi, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional. Keberadaan komisaris independen memiliki peranan penting untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja manajemen dan juga melindungi hak dari pemegang saham. Koordinasi yang dilakukan oleh direksi maupun manajemen harus dilakukan secara efektif dan efisien agar tidak melakukan pemborosan sumber daya. Penelitian ini akan menggunakan data dari Bursa Efek Indonesia pada sektor industri lain-lain periode tahun 2009 sampai 2013. Sampel akhir penelitian adalah sejumlah 31 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat variabel tata kelola perusahaan hanya satu variabel, yaitu jumlah direksi yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan signifikan positif. Hal ini menunjukkan tata kelola perusahaan masih belum dijalankan dengan baik di Indonesia.
Downloads
References
Alexander, J. A., Fennell, M. L. dan Halpern, M. T. 1993. Leadership instability in hospitals: the influence of board-CEO relations and organizational growth and decline”. Administrative Science Quartelry. Vol. 38, No.3:74-99
Badriyah, R. 2009. Peran Komisaris Independen dalam Mewujudkan Good Corporate Governance di Perusahaan Publik. Junal Hukum, Vol 16 (3): 396 – 412.
Baker, H. K., dan Ronald Anderson. Corporate Governance: A Synthesis of Theory, Research, and Practice. Wiley & Sons: UK, 2010.
Bellen, Villalonga., dan Raphael, Amit. 2012. How do Family Ownership, Control and Management Affect Firm Value?. Journal of Financial Economic. Vol 80:385-417.
Berle, A., dan Means G. 1932. The Modern Corporation and Private Property. Mac Millan: New York.
Branch, B. 1973. Corporate Objectives and Market Performance. Financial Management, Vol Summer: 24-29.
Brickley, J., dan James, C. 1987. The Takeover Market, Corporate Board Composition, and Ownership Structure: The Case of Banking. Journal of Law and Economics. Vol.30:161-180.
Brown, L. D., dan M. L. Claylor. 2004. Corporate Governance and Firm Performance. Working Paper. Gorgia State University: USA.
Chen, X., Chen, D., dan Zhu, K. 2004b. Ownership Structure and Corporate Governance: Literature Review and Directions for Future Research. China Accounting and Finance Research, Vol 4: 1-24.
Cheung, Y.L., Jiang, P., Limpaphayom, P., dan Lu, T. 2010. Corporate Governance in China: A Step Forward. European Financial management, Vol 16 (1): 94-123.
Coombes, P., dan W. Mark. Three Surveys on Corporate Governance. The McKinsey Quarterly 2000 Number 4: London, 2000.
Cotter, J., Shivdasani, A., dan Zenner, M. 1997. Do Independent Directors Enhance Target Shareholder Wealth During Tender Offers? Journal of Financial Economics, Vol 43: 195-218.
Cyert, R.M., dan C.L. Hedrick. 1972. Theory of the Firm: Past, Present and Future: An Interpretation. Journal of Economic Literature, Vol X (June): 398-412.
Daniri, M. A., Good Corporate Governance: Konsep dan Penerapannya di Indonesia. Ray Indonesia: Jakarta, 2005.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.