MOTION COMIC LEGENDA GUNUNG BROMO: JOKO SEGER DAN RORO ANTENG
Abstract
Legenda Gunung Bromo yaitu Joko Seger dan Roro Anteng merupakan salah satu cerita rakyat Nusantara asal Jawa Timur, yang mulai tergeser oleh komik - komik asing. Berdasarkan survei yang dilakukan, banyak generasi muda yang tidak mengetahui cerita rakyat legenda gunung Bromo ini padahal banyak masyarakat yang pernah berwisata di gunung ini. Minat generasi muda untuk mengenal legenda gunung Bromo ini semakin berkurang karena terbatasnya media yang mengangkat kembali cerita rakyat ini, kurang maksimalnya penggunaan gambar yang menarik dan media yang interaktif sehingga terkesan membosankan. Dari permasalahan dan kebutuhan yang ada, dibuat sebuah motion comic untuk memperkenalkan dan memberikan pengalaman membaca komik digital secara interaktif kepada masyarakat. Motion comic ini dibuat dengan menggunakan adobe flash dan hasil akhir dari aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat android. Pembuatan aset pada aplikasi ini mencakup gambar 2D yang dibuat menggunakan software sai, adobe photoshop, dan illustrator, video intro yang dibuat menggunakan software adobe after effect, dan beberapa software lain seperti adobe audition untuk editing sound dan pro tools mp9 untuk sample suara. Motion comic ini memungkinkan user untuk mengenal legenda Gunung Bromo ini dalam bentuk animasi komik sederhana, dan berinteraksi dalam motion comic ini. Motion comic ini telah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan mengujicobakan aplikasi kepada target user serta melalui wawancara singkat dan membagikan kuesioner. Respon yang didapatkan positif, informasi dan visualisasi yang disajikan dalam motion comic ini sangat menarik bagi user, dan mendapatkan nilai - nilai moral yang baik. Diharapkan motion comic ini dapat menjadi salah satu solusi bagi generasi muda untuk semakin tertarik dalam mengenal dan memahami legenda gunung Bromo ini.
Downloads
References
Albrecht, C. (2008). The Rise of Motion Comics Online. [internet] Tersedia dari : http://newteevee.com/2008/07/30/the-rise-of-motion-comics-online/. (Diakses pada [15 April 2013].
Indonesia.travel, (2013). Wonderful Indonesia - Yadnya Kasada Bromo: Upacara Adat Hindu Tengger. [internet] Tersedia dari: http://www.indonesia.travel/id/destination/243/gunung-bromo/article/173/yadnya-kasada-bromo-upacara-adat-hindu-tengger [Diakses pada 28 May 2014].
Rachmat, A. dan Roeswanto, A. (2005/2006). Dasar Multimedia, Andi, Bandung.
Raskin, J. (2000). The Humane Interface. Addison Wesley.
Shneiderman, B., and Plaisant, C. (2010). Designing the User Interface : Strategies for Effective Human – Computer Interaction , 5th Edition. Addison Wesley Longman, Inc, USA.
Google Books, (2004). Cerita Rakyat Tengger. [internet] Tersedia dari: http://books.google.co.id/books?id=gfjN5s-jJ3sC&pg=PA2&dq=joko+seger+roro+anteng&hl=en&sa=X&ei=LkAjU5rGEsewkAX284GABg&ved=0CC8Q6AEwAA#v=onepage&q=joko%20seger%20roro%20anteng&f=false [Diakses pada 20 May 2014].
Indonesia.travel, (2013). Wonderful Indonesia - Mount Bromo: Witnessing The Fascinating Sunrise. [internet] Tersedia dari: http://www.indonesia.travel/en/destination/243/mount-bromo [Diakses pada 28 May 2014].
Thorn, W. (2006). Points to Consider when Evaluating Interactive Multimedia. http://iteslj.org/Articles/Thorn-EvalueConsider.html. (Diakses pada tanggal 8 Oktober 2013).
Wahono, R.S. (2007). Panduan Pengembangan Multimedia Pembelajaran, Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.
Sihombing, Danton (2003). Tipografi dalam desain grafis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nugroho, Eko (2008), Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Penerbit Andi.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.