PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BENDA BERBASIS GAME UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR KELAS I
Abstract
Sains merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan sejak SD dan bertujuan untuk membantu anak mempelajari tentang alam semesta sehingga mereka dapat memperluas pengetahuan tentang diri sendiri dan alam sekitar. Salah satu materi yang diajarkan dalam Sains adalah pengenalan sifat benda. Dalam materi ini anak diharapkan dapat mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda. Materi sains umumnya disampaikan melalui buku dengan komposisi gambar dan tulisan yang terkadang membosankan bagi anak-anak. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, penyampaian materi dengan menggunakan kemajuan teknologi, contohnya menggunakan media interaktif dan permainan edukatif yang terdapat di dalamnya, dapat membantu mengembangkan dan meningkatkan minat anak untuk belajar. Oleh karena itu, penulis ingin membuat sebuah aplikasi multimedia interaktif sebagai sarana untuk membantu anak dalam mempelajari sifat benda. Aplikasi ini dijalankan pada media komputer. Teori-teori yang digunakan dalam aplikasi ini adalah tahap-tahap pembuatan aplikasi multimedia, tahap-tahap pembuatan aplikasi multimedia, desain interface multimedia, media pembelajaran, psikologi anak, pengetahuan sifat benda untuk anak SD kelas 1, dan desain interface yang efektif dalam aplikasi untuk anak. Sebelum aplikasi dibuat, perlu dianalisis kebutuhan sistem aplikasi yang dibuat, yaitu dengan analisis keadaan saat ini, analisis aplikasi multimedia sejenis. Pembuatan aplikasi diawali dengan mendesain user interface, script, storyboard. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Flash CS 5.5 untuk pembuatan animasi, Adobe Illustrator CS 5.1 dan Adobe Photoshop CS 5.1 untuk pembuatan dan pengeditan gambar, dan Audacity untuk perekaman dan pengeditan suara. Aplikasi sudah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan memberikan kuesioner dan tes program pada anak-anak SD kelas I dibantu oleh guru pembimbing mereka. Hasil uji coba dan evaluasi menghasilkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan karena user dapat merasakan manfaat dari aplikasi ini sebagai sarana pembelajaran sifat benda yang menarik. Aplikasi multimedia interaktif ini telah berhasil dibuat dan berfungsi sebagai salah satu media pembelajaran mengenai benda dan juga membantu anak-anak dalam mempelajari mengenai sifat benda.
Downloads
References
Aprilianto, Toge. 2010. Saatnya Melatih Anakku Berpikir. Surabaya : Brilian Internasional.
Arsyad, Azhar 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Bock, C. N. (2011). Effective Use of Typography in Applications for Children [online]. [Accessed June 12 th 2012]. Available from: http://www.uxmatters.com/mt/archives/2011/06/effective-use-of-typography-in- applications-for-children-3.php
Bock, C. N. (2011). Effective Use of Typography in Applications for Children [online]. [Accessed June 12 th 2012]. Available from: http://www.uxmatters.com/mt/archives/2011/10/effective-use-of-color-and- graphics-in-applications-for-children-part-i-toddlers-and-preschoolers.php
Cook, M. E. (2001). Principle of Interactive Multimedia. London: McGraw Hill.
Kompas.com. 2012. Lamanya Konsentrasi Si Kecil Bergantung Usia [online]. [Accessed July 5th 2012]. Available from: http://female.kompas.com/read/2012/05/22/07325742/Lamanya.Konsentrasi.Si.K ecil.Bergantung.Usia
Lauesen, Soren. 2005. User Interface Design. A Software Engineering Perspective. England: Addison Wesley.
Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada Press.
Vaughan, T. 2008. Multimedia : Making it Work, Seventh Edition. New York: McGraw-Hill.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.