STUDI DESKRIPTIF POTENSI TERJADINYA KEKERASAN SEKSUAL PADA REMAJA PEREMPUAN

  • Ghinanta Mannika Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 3664 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 8148 times
Keywords: Potensi Kekerasan Seksual, Masa Pacaran, Remaja Perempuan

Abstract

Mayoritas perempuan yang menjadi  korban kekerasan seksual pada rentang usia 13-24 tahun. Data yang dilaporkan oleh Komnas Perempuan pada tahun 2014-2015 kekerasan seksual masuk dalam peringkat ketiga dibandingkan kekerasan lainnya. Penelitian ini menggunakan survey pada 271 mahasiswi perempuan di Universitas Surabaya, yang berusia antara 18 – 22 tahun. Partisipan terbagi atas empat kelompok yaitu sedang berpacaran, pernah berpacaran, belum berpacaran dan sudah pernah melakukan hubungan seksual dalam berpacaran. Sampling dilakukan dengan secara teknik purposive. Pengukuran menggunakan angket yang terbagi menjadi dua. Angket terbuka untuk mengetahui demografis dan mengukur penilaian diri sendiri mengenai kekerasan seksual. Angket kedua berdasarkan lima indikator yang sudah digunakan dalam penelitian Horrison dan Sullivan. Penelitian ini menunjukkan ada indikasi bahwa setiap 4 dari 5 perempuan dalam relasi berpacaran berpotensi untuk mengalami kekerasan seksual. Pada mereka yang telah sudah melakukan hubungan seksual 2 dari 5 perempuan lebih berpotensi mengalami kekerasan seksual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abigail Harrison, L. F. Gender Role and Relationship Norms among Young Adults in South Africa: Measuring the Context of Masculinity and HIV Risk. Journal of Urban Health: Bulletin of the New York Academy of Medicine , 83 (4).

Christoper P. Krebs, C. H. (2007, Desember). The Campus Sexual Assault (CSA) STudy. National Institute of Justice.

Eius Supriati, S. F. (2009). Efek Paparan Pornografi Pada Remaja SMP Negeri Kota Pontianak Tahun 2008. Makara, Sosial Humaniora , 13.

Heather A. Sears, E. S. (2007). The co-occurrence of adolescent boys‟ and girls‟ use of psychologically, physically, and sexually abusive behaviours in their dating relationships. Journal of Adolescence , 30, 487-504.

Marchman, D. (2005). Domestic Violence: Continuum Of Violence. Domestic Violence Training for Law Enforcement .

Murniati, P.N.A (2004). Getar Gender : buku pertama. Magelang : Indonesia.

Murniati, P.N.A (2004). Getar Gender : buku kedua. Magelang : Indonesia.

Sarwono, S. W. (2004). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarwono, S. W. (2006). Psikologi Remaja (Edisi Revisi 10 ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sofi Sinozich, L. L. (2014, Desember). Rape and Sexual Assault Victimization Among College-Age Females, 1995-2013. Bureau of Justice Statistics.

Thomas J. Charron, R. F. (2007). Victim Responses to Sexual Assault: Counterintuitive os Simply Adaptive ? National District Attorneys Assiciation.
Published
2018-03-01