IMPLEMENTASI WSAN DALAM SISTEM MANAJEMEN ENERGI PADA LAMPU JALAN

  • Franky Sudarmanto Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Susilo Wibowo Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Henry Hermawan Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 79 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 109 times
Keywords: topologi mesh, SIM900 GSM-GPRS, modul SZ05-ADV, mikrokontroler

Abstract

Pada project ini, dibuat suatu sistem penerangan lampu jalan yang dapat mengontrol, dan memonitor lampu jalan melalui website secara jarak jauh. Pada proses monitor, selain berguna untuk memonitor kinerja sensor, juga berguna untuk memberikan pemberitahuan sistem emergency ke website. Dalam Project ini dibagi menjadi 2 bagian utama, yaitu layer atas dan layer bawah. Pada layer atas merupakan pembuatan dari database serta website, sedangkan pada layer bawah merupakan media utama dalam proses kontrol dan monitor yang dibagi menjadi 2 bagian utama yaitu master node system dan router node system. Router node system hanya berfungsi untuk memonitor dan mengontrol lampu jalan, solar PV modul dan baterai, master node system memiliki fungsi yang sama dengan router node system, namun memiliki beberapa fitur tambahan antara lain mengirim data ke database dalam webserver, serta membaca data di website. Router node system dan master node system menggunakan mikrokontroler. Sistem komunikasi antar node system, menggunakan topologi mesh melalui modul komunikasi SZ05-ADV berbasis Zigbee. Data yang terdapat pada master node system dikirim ke database melalui modul SIM900 GSM GPRS. Data yang dikirim tersebut disimpan di database dalam webserver kemudian diolah dan ditampilkan ke dalam website. Topologi komunikasi mesh ini telah diuji secara pengujian jarak dengan dan tanpa penghalang, sehingga didapatkan hasil dari pengujian jarak komunikasi antar node system tanpa adanya penghalang (LOS) dapat berkomunikasi hingga jarak 100 meter, sedangkan pada pengujian jarak komunikasi antar node system dengan penghalang gedung, antar node system dapat berkomunikasi secara reliable pada jarak ≤ 50 meter. Selain itu, dari hasil pengujian, user dapat mengontrol lampu jalan dengan mode “on”, “off”, dan “auto” melalui website. Pada pengujian topologi mesh, antar node system masih dapat berkomunikasi dengan baik walaupun salah satu node system dimatikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas (2012). Home Page [Online]. Tersedia: https://yuliani95.wordpress.com/2013/10/21/faktor-penyebab-kecelakaan-lalu-lintas/ diakses pada tanggal 21 September 2016.

Poskota News (2014). Pemrov DKI Dituding Boros Bayar Rekening Listrik PJU [Online]. Tersedia: http://poskotanews.com/2014/12/11/pemprov-dki-dituding-boros-bayar-rekening-listrik-pju/, diakses tanggal 7 Maret 2016.

Pedone, G, dkk. 2016. “Intelligent Control For Energy-Positive Street Lighting”. Elsevier: Energy.

Marc, F dan Brian, H. (2015). Solar PV Powered Air Conditioner Analysis For An Office/Classroom In A Tropical Climate. Swedia: Högskolan Dalarna.

Datasheet SZ05. The User Manual For The Series Of SZ05 ZigBee Embedded Module. Wireless Solution.

charge controller [Online]. Tersedia: http://seftojepersen.blogspot.co.id/2014/10/solar-charge-controller.html, diakses pada tanggal 10 Oktober 2016.

Luomala, J. dan Hakala, I. 2015. Effect of Temperature and Humidity on Radio Signal Strength in Outdoor Wireless Sensor Networks. Findland: University of Jyvaskyla.

Malhotra, S., dan Kumar, V. 2013. Smart Street Lighting System: An Energy Efficient Approach. India: Institure of Technology & Management.
Published
2018-03-01