PERANAN AUDIT OPERASIONAL PADA UNIT KARYA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KATOLIK “X” DI SUMENEP

  • Rudi Candra Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 278 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 595 times
Keywords: Audit Operasional, Pengendalian Internal, Pendidikan Dasar dan Menengah, Sekolah

Abstract

Kualitas pendidikan dasar dan menengah di Indonesia masih tergolong rendah, disebabkan karena pemenuhan standar pelayanan pendidikan dasar dan menengah yang masih minim, disertai dengan maraknya kasus korupsi di bidang pendidikan. Dalam upaya peningkatan kualitas sekolah, perlu adanya program evaluasi secara rutin, salah satunya melalui audit operasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai penerapan audit operasional dalam mengevaluasi pengendalian internal di Sekolah Dasar Katolik “X” di Sumenep. Audit dilaksanakan melalui beberapa tahap, dimana secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi tiga tahap, yaitu: perencanaan atau survei pendahuluan, pelaksanaan dan pelaporan. Dari pelaksanaan di lapangan menghasilkan temuan-temuan audit yang merupakan kelemahan pada kegiatan operasional di SDK. “X” – Sumenep. Kemudian dari temuan-temuan audit tersebut dilakukan pengembangan yang bertujuan untuk memberikan rekomendasi pada tahap pelaporan agar dapat dilakukan perbaikan oleh pihak manajemen. Dari pelaksanaan audit operasional ini, diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di SDK. “X” – Sumenep, dengan ditunjang oleh transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pelayanan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arens, A.A., Elder, R.J. and Beasley, M.S. 2012. Auditing and Assurance Service : An Integrated Approach, 14th Edition. New Jersey, USA: Pearson Education, Inc.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. 2009. Perangkat Akreditasi SD/MI. Jakarta, Indonesia.

CNN Indonesia. 2014. Standar Pelayanan Sekolah Dasar dan Menengah Masih Minim. Terdapat di: http://www.cnnindonesia.com/nasional/20141211140014-20-17509/standar-pelayanan-sekolah-dasar-dan-menengah-masih-minim/, diakses 15 Desember 2014).

Efferin, Sujoko, Stevanus Hadi Darmadji, dan Yuliawati Tan. 2008. Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Enofe, A.O., Mgbame, C.j., et al. 2013. The Role of Internal Audit in Effective Management in Public Sector. Research Journal of Finance and Accounting Vol.4 No.6. Terdapat di: (http://www.iiste.org/Journals/index.php/RJFA/article/download/5660/5772, diakses 6 Januari 2015).

Institut Akuntan Publik Indonesia. 2013. Standar Profesional Akuntan Publik SA 200 - Tujuan Keseluruhan Auditor Independen Dan Pelaksanaan Audit Berdasarkan Standar Audit. Jakarta, Indonesia: Salemba Empat.

Moeller, Robert R. 2009. Brink’s Modern Internal Auditing: A Common Body of Knowledge, 7th Edition. New Jersey, USA: John Wiley & Sons.

Mulyadi. 2010. Auditing. Jilid I, Cetakan ke Tujuh. Jakarta, Indonesia: Salemba Empat.

Rai, I Gusti Agung. 2008. Audit Kinerja Pada Sektor Publik: Konsep, Praktik, dan Studi Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Reider, Rob. 2002. Operational Review: Maximum Result at Efficient Cost, 3rd edition. New York, USA : John Wiley and Sons, Inc.

Republik Indonesia. 2002. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 Amandemen ke Empat. Jakarta.

Republik Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan Nasional RI. Jakarta.

Romney, Marshall B., and Steinbart, Paul J. 2009. Accounting Information System, 12th edition. New Jersey, USA: Pearson Education, Inc.

Tunggal, Widjaja Amin. 2012. Pedoman Pokok Operational Auditing. Jakarta, Indonesia: Harvarindo.
Published
2016-03-01