PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA, NON KELUARGA, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BADAN USAHA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2013

  • Woo, Riana Angeline Susanto Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 149 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 222 times
Keywords: Tata Kelola yang Baik, Kinerja Keuangan, Badan Usaha Keluarga

Abstract

Badan usaha di Indonesia mayoritas merupakan badan usaha yang dikendalikan oleh keluarga. Hal ini mendorong diadakan penelitian mengenai kinerja keuangan badan usaha keluarga dan badan usaha non keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemilikan keluarga, non keluarga, dan corporate governance terhadap kinerja keuangan dalam badan usaha yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian hypothesis testing dan jenis investigasi causal study. Penelitian ini menggunakan populasi berupa badan usaha go public yang bergerak di sektor manufaktur dan telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2013. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 151 badan usaha. Hasil dari penelitian ini adalah kepemilikan keluarga dan non keluarga tidak berpengaruh pada kinerja keuangan badan usaha. Pada badan usaha keluarga, kepemilikan keluarga memoderasi pengaruh corporate governance terhadap kinerja keuangan. Sedangkan kepemilikan non keluarga tidak memoderasi pengaruh corporate governance terhadap kinerja keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barontini, Roberto dan Lorenzo Caprio. 2005. The Effect of Family Control on Firm Value and Performance: Evidence from Continental Europe.

Bastian. 2006. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Darmawati et al. 2005. Hubungan Corporate Governance dengan Kinerja Perusahaan.

Dwiridotjahjono, Jojok. 2008. Jurnal Administrasi Indonesia. Penerapan Good Corporate Governance (Tinjauan Manfaat, Kendala, Tantangan, dan Kesempatan) bagi Perusahaan Publik di Indonesia. II (1): 295-305.

Fiakas, D. 2005. Crystal Equity Research. Tobin’s q: Valuing Small Capitalization Companies.

Fraser, Lyn M. dan Aileen Ormiston. 2012. Understanding Financial Statements. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Giovannini, Renato. 2010. Journal of Management and Governance. Family Ownership, Corporate Governance and Performance. XIV (2): 145-166.

Hermalin, Benjamin E. dan Michael S. Weisbach. 1991. Financial Management. The Effects of Board Composition and Direct Incentives on Firm Performance. IV: 101-112.

IICG. 2014. Tata Kelola Perusahaan. From http://iicg.org/v25/tata-kelola-perusahaan.

Jensen dan Meckling. 1976. Journal of Financial Economics. Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. III (4): 305-360.

Kaihatu, Thomas S. 2006. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Good Corporate Governance dan Penerapannya di Indonesia. VIII (1): 1-9.

Keys, J. B., Edge, A. G., dan Wells, R. A. 1992. The Multinational Management Game. Homewood, IL: Irwin.

KNKG. 2006. Pedoman GCG Indonesia. From http://knkg-indonesia.com/home/component/weblinks/43-pedoman-knkg/14-pedoman-gcg-indonesia-2006.html.

Kurniawan, M. Dudi dan Nur Indriantoro. 2000. The Second Asian Roundtable on Corporate Governance, Hong Kong 31 May – 2 June 2000. The Role of Disclosure in Strengthening Corporate Governance and Accountability.

La Porta, Rafael, Florencio Lopez-de-Silanes, Andrei Shleifer. 1998. NBER Working Paper. Corporate Ownership Around the World. VMDCXXV.
Published
2016-03-01