PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA TOKO MULTIPRINT DI SURABAYA

  • Elvin Marella Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 292 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 265 times
Keywords: Teknologi Informasi (TI), Sistem Informasi Akuntansi, Siklus Penggajian, Software

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan desain sistem informasi yang terkomputerisasi pada siklus penggajian agar dapat memudahkan dalam penyusunan gaji. Objek yang digunakan adalah badan usaha yang bergerak di bidang digital printing. Penyusunan menggunakan metode kualitatif sebagai dasar dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan masih banyak kelemahan-kelemahan yang muncul dalam menyusun dan menghitung gaji akibat menggunakan sistem informasi akuntansi yang masih manual. Gaji merupakan komponen penting dalam mendukung sumber daya manusia yang kompeten. Adanya kelemahan yang muncul ini menyebabkan perhitungan gaji tidak akurat dan membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu sering terjadi kesalahan pada perhitungan gaji yang dibuat. Dengan memanfaatkan teknologi informasi (TI) yang terus berkembang, maka badan usaha tersebut dapat membuat sistem informasi akuntansi yang terintegrasi secara komputerisasi. Penggunaan software yang sesuai mampu membuat proses perhitungan gaji berjalan efektif dan efisien sehingga dapat mengurangi kesalahan yang muncul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aviana, Putu Mega Selvya. 2012. Pengendalian Internal dalam Sistem Infomasi Akuntansi Berbasis Komputer. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Volume 1: 4.

Hall, James A. 2011. Introduction to Accounting Information Systems 7th edition. United States: Cengage Learning.

Jogiyanto H.M. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.

Ilkha, Firman. 2013. Apa saja Yang Dapat Di-Setting di Program Zahir Accounting?. (http://softwarebisnis.com/tips-trick/apa-saja-yang-dapat-di-setting-di-program-zahir-payroll, diakses pada 19 November 2014).

Kurniadi, Adi. 2000. Pemograman Microsoft Visual Basic 6.0.. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Noviari, Naniek. 2007. Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Akuntansi. Denpasar: Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

O’Brien, James A. dan Marakas, George M.. 2011. Management Information Systems 10th edition. Global Condition. New York

Romney, Marshall B. dan Steinbart, Paul J. 2012. Accounting Information Systems 12th edition. U.S.A: Prectice Hall, Inc.

Sajady, H. et al. 2008. Evaluation of The Efectiveness of Accounting Information Systems. International Journal of Information Science and Technology, Volume 6:2.

Wikipedia. Papercut. (http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic, diakes pada 19 November 2014)

Zahir Accounting. (http://zahiraccounting.com/id/, diakses pada 19 November 2014)

Yulianti dan Handayani, Putu Wuri. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pengguna dalam Menggunakan Sistem ERP dengan Studi Kasus PT XYZ. Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. (diunduh pada http://jsi.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/download/296/122, diakses pada 10 Juni 2014)
Published
2016-03-01