IMPLIKASI CRITICAL THINKING DAN CREATIVE THINKING DALAM PENGAMBILAN PUTUSAN PERLUASAN USAHA PT. X RESTORAN WARALABA CEPAT SAJI DI INDONESIA

  • Melisa Soetjipto Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 661 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 350 times
Keywords: Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Pengambilan Putusan, Perluasan Usaha, Restoran, Waralaba

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui implikasi critical thinking dan creative thinking dalam pengambilan putusan perluasan usaha PT. X restoran waralaba cepat saji di Indonesia. Selain itu, menngetahui kontribusi critical thinking dan creative thinking terhadap perusahaan terkait perluasan usaha yang dilakukan. Penelitian ini merupakan basic research dengan menggunakan pendekatan kualititif berupa explanatory research. Data yang diambil merupakan data primer yang diambil dari wawancara dan juga data sekunder dari annual report dan dokumen lainnya. Objek penelitian ini merupakan salah satu perusahaan restoran waralaba cepat saji di Indonesia. Temuan penelitian menunjukan bahwa baik critical thinking dan creative thinking memiliki implikasi terhadap pengambilan putusan perluasan usaha. Critical thinking dan Creative thinking turut memberikan kontribusi bagi perusahaan baik kontribusi positif dan negative.Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa critical thinking dan creative thinking tidak ada yang lebih unggul, keduanya memiliki hubungan simbiosis mutualisme sesuai dengan hasil penelitian sebelum oleh Padget (2012).

Downloads

Download data is not yet available.

References

American Management Association. (2010). AMA 2010 Critical Skills Survey. AMA Enterprise.

Coughan, Ann. (2007). Learning to Learn: Creative Thinking and Critical Thinking. DCU Student Learning Resources.

Duchesne, Robert. 1997. Critical Thinking, Developmental, Learning, and Adaptive Flexibility in Organizational Leaders. PAACE Journal of Livelong Learning, Vol 6.

Gambrill, E. (2006). Evidence-based practice and policy: Choices ahead. Research on Social Work Practice, 16(3), 338–357

IBM Corporation. (May, 2010). Capitalizing on complexity: Insights from the global chief executive officer study. (Tanggal Akses 29 Sepetmebr, 2014 from http://www-935.ibm.com/services/us/ceo/ceostudy2010/)

Lebon, Tim, David Arnaud. (2001). Towards Wise Decision-Making III: Critical and Creative Thinking. Pratical Phylosophy.

Puccio, J Gerard, Marry C, Marie Mance. (2007). Creative Leadership: Skills That Drive Change. Sage Publications.

Rawlinson, Richard. (2009). Leadership Lessons and the Economic Crisis: Where We’ve Come Frome and Ehere We’re Headed. Booz & Co. London.

Rezak, Catherine J. (2011). Leadership White Paper: Developing Critical Thunking in Today’s Leader. Paradigma Learning.

Wellins, McGrath, Selkovits. (2013). Be Better Than Average:a Study on the state of Frontline Leadership. The Talent Maagement Expert.
Published
2016-03-01