RANCANGAN LANGKAH-LANGKAH MENUJU CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KONFLIK ANTARA PETERNAKAN AYAM PETELUR X DENGAN MASYARAKAT DUSUN PANDIAN

  • Ellen Marselina Kurnia Hadi Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Peran corporate social responsibility (CSR) dibutuhkan untuk mengimbangi dampak yang ditimbulkan dari badan usaha dan juga untuk mempertahankan eksistensi badan usaha tersebut. CSR tidak hanya dilakukan pada badan usaha besar, akan tetapi juga dapat diterapkan pada badan usaha kecil. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengamati permasalahan yang berkaitan dengan langkah-langkah menuju corporate social responsibility (CSR) di peternakan ayam petelur X yang diatasnamakan dengan pondok pesantren Nurul Qarnain, yaitu untuk mencegah terjadinya konflik antara peternakan ayam petelur X dengan masyarakat dusun Pandian atas dampak yang ditimbulkan dari kegiatan operasional badan usaha, khususnya atas polusi udara yang ditimbulkan dari kotoran ayam yang berasal dari kandang ayam milik peternakan ayam petelur X. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran CSR untuk mencegah timbulnya konflik dan mengatasi masalah sosial antara badan usaha dengan masyarakat sekitar agar badan usaha bisa bertahan dalam jangka panjang. Dengan demikian, setelah ditemukan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dusun Pandian yang relevan dengan badan usaha, maka dapat dirancang sebuah langkah-langkah menuju program CSR. Diharapkan dengan adanya perancangan langkah-langkah menuju program CSR ini maka dapat direalisasikan untuk mencegah terjadinya konflik antara peternakan ayam petelur X dengan masyarakat dusun Pandian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarsi, Sri Yunan. 2005. Corporate Sustainability: Pendekatan Corporate Social Responsibility. Majalah Ekonomi Tahun XIV, No. 2 Agustus 2005. Fakultas Unika Widya Mandala.

Suwandi, Keban, Y. T., dan Martono, E. 2013. Praktik Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT. Bakrie Sumatra Plantations (TBK.) Unit Jambi. Volume 3 No. 2, 17 Agustus 2013, Halaman 117-226.

Untung, Hendrik Budi. 2008. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.

Warga Tuntut Peternakan Ayam Ditutup. 2013. (online), (http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/13/09/17/mt9vi5-warga-tuntut-peternakan-ayam-ditutup, diakses pada 14 September 2014)

Wahyudi, Isa dan Azheri, Busyra. 2008. Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Intrans Publishing. Indonesia.
Published
2016-03-01
How to Cite
HADI, Ellen Marselina Kurnia. RANCANGAN LANGKAH-LANGKAH MENUJU CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KONFLIK ANTARA PETERNAKAN AYAM PETELUR X DENGAN MASYARAKAT DUSUN PANDIAN. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 13, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2550>. Date accessed: 09 july 2020.