PERANCANGAN “EYE GLASS SUPPORT” UNTUK PEMAIN BASKET YANG BERKACAMATA

  • Budianto Tejo Jurusan Desain dan Manajemen Produk Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Kacamata merupakan alat bantu penglihatan yang paling akrab digunakan. Namun kacamata biasa tidaklah didesain untuk digunakan untuk berolahraga, terutama olahraga basket. Penggunaan kacamata saat berolahraga basket memiliki resiko cidera yang tinggi. Olahraga basket bersifat agresif, sehingga banyak gerakan yang dapat dilakukan. Seperti gerakan melompat vertikal dengan sekuat tenaga,  menerobos pertahanan lawan, dan gerakan-gerakan agresif lainnya. Gerakan bebas dan agresif itu membuktikan tidak terhindarnya kontak fisik dalam olahraga basket ini. Karena alasan itulah pemain berkacamata mengalami dilema, dimana ia tidak menginginkan cidera karena pemakaian kacamata saat berolahraga, namun jika ia tidak menggunakan kacamata ia tidak dapat melihat dengan baik. Saat ini lensa kontak sering dipakai untuk mengatasi masalah tersebut. Namun tidak semua orang dapat menggunakan lensa kontak, dengan alasan tidak bisa memakainya, takut, maupun adanya reaksi penolakan/iritasi akibat penggunaan lensa kontak. Proses desain dimulai dengan pengumpulan data pustaka maupun observasi lapangan langsung terhadap kondisi saat bermain, produk pembanding dan konsumen. Perancang kemudian mengambil sintesa dari penelitian. Menerapkan konsep aman, serta nyaman pada produk yang dirancang. Hasil perancangan merupakan prototype produk yang memiliki fungsi yang sama dengan produk asli nantinya. Material serta rupa produk dibuat semenarik mungkin namun tetap pada jalur konsep produk awal.  Hasil akhir dari penelitian ini adalah “Eye Glass Support” untuk pemain basket yang berkacamata

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, H. (2001) : Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Chuan, T.K. ; Hartono, M. ; Kumar, N. (2010) : Anthropometry of the Singaporean and Indonesian populations. International Journal : Industrial Ergonomics.

Dameria, A. (2007) : Color Basic, Link & Match Graphic.

Edward, Betty. (2004) : Color

Eiseman, Leatrice. (2000) : Pantone Guide to Communicating With Color

Elfiah, Ulfa. (2011) : Variasi Antropometri, Wajah Indonesia dan Sefalometri sebagai Data Dasar pada Rekonstruksi trauma maksilofasial.

FIBA. (2010) : Peraturan Basket

Irawan, Bambang. (2013) : Dasar-Dasar Desain

Loran, Donald. (1995) : Sports Vision. Butterworth Heinemann

Palgunadi, Bram. (2008) : Disain Produk 2 : Analisis dan Konsep Disain. Bandung: ITB.

Palgunadi, Bram. (2008) : Disain Produk 3 : Aspek-Aspek Disain. Bandung: ITB.

Palgunadi, Bram. (2008) : Disain Produk 4 : Membuat Rencana. Bandung: ITB.

Standarisasi keamanan: ANSI Z87.1-2010 (SNI di Amerika Serikat)
Published
2016-03-01
How to Cite
TEJO, Budianto. PERANCANGAN “EYE GLASS SUPPORT” UNTUK PEMAIN BASKET YANG BERKACAMATA. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 24, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2623>. Date accessed: 09 july 2020.
Section
Bidang Desain dan Manajemen Produk (DMP)