DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
TK memegang peranan penting, sebab salah satu prinsip PAUD adalah mengutamakan kebutuhan anak untuk mengembangkan dan memaksimalkan tumbuh kembang anak. TK perlu menyesuaikan metode pembelajaran agar dapat sesuai dengan kebutuhan anak. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan bermain, sebab bermain dapat melatih anak dalam berbagai aspek, kognisi, motorik, bahasa dan sosio-emosi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat materi pembelajaran terkait dengan aspek perkembangan kognitif, bahasa, motorik dan sosio-emosi, dan melihat penerapan aktivitas bermain pada proses pembelajaran TK. Subyek penelitian adalah 1 guru kelas dari TK negeri dan 2 guru kelas dari TK swasta yang berada di kota Surabaya. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan pengumpulan data dengan metode obervasi dan interview. Hasil yang diperoleh memperlihatkan guru TK memahami akan pentingnya penerapan aspek-aspek perkembangan dalam pengajaran di TK. Namun, hasil amatan memperlihatkan bahwa sebagian besar pemberian materi pembelajaran pada TK masih banyak berfokus pada aspek perkembangan kognitif dan motorik halus, sedangkan aspek perkembangan bahasa, motorik kasar dan sosio-emosi anak masih belum terlihat. Materi yang diberikan di dalam kelas terlihat banyak menggunakan metode paper and pencil. Guru memahami pentingnya pengajaran dengan bermain, namun penerapan bermain dalam proses pembelajaran pada TK belum terlihat dominan. Permainan yang terlihat dominan adalah pada bagian aktivitas yang bersifat konstruktif.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional (2004). Kurikulum 2004 Standar kompetensi taman kanak-kanak dan raudhatul athfal. Jakarta: 2004.
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif: suatu pendekatan teoretis psikologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gunarsa, S. D. & Gunarsa, Y. S. (2008). Psikologi perkembangan pnak dan remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Hamalik, O. (2012). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hawadi, Reni. A. (2001). Psikologi perkembangan anak. Jakarta: Gramedia
Isenberg, J. P. & Jalongo, M. R. (1993). Creative expression and play in the early childhood cirruculum.
Kartono, K. (1995). Psikologi anak (psikologi perkembangan). Bandung: Penerbit Mandari Maju.
Lugito, E. (2006). Penerapan model pembelajaran tematik di taman kanak-kanak buah hati Surabaya. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, Surabaya.
Moeslichatoen, R. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: Renika Cipta.
Poerwandari, K. (2001). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. Jakarta: LPSP3.
Santrock, J. W. (2009). Masa perkembangan anak ed. 11 buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Santrock, J. W. (2014). Perkembangan masa hidup ed. 13 jilid 1. Jakarta: Penerbiat Erlangga.
Sudjana, N. (1988). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan usia dini. Jakarta: PT. Grasindo.
Suryosubroto, B. (1997). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suyadi. (2010). Psikologi belajar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.