HUBUNGAN ANTARA SELF - EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SURABAYA
Abstract
Dalam dunia pendidikan, pada setiap jenjang pendidikan, baik itu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Perguruan Tinggi (PT), prestasi akademik merupakan tolak ukur dari pencapaian hasil belajar. Pada jenjang perguruan tinggi, prestasi akademik ditunjukkan melalui Indeks Prestasi (IP). Indeks Prestasi adalah angka yang menunjukkan prestasi seseorang dalam belajar atau bekerja. Pencapaian prestasi akademik yang tinggi merupakan harapan semua mahasiswa, namun kenyataannya tidak semua mahasiswa mempunyai prestasi akademik yang tinggi. Fenomena rendahnya prestasi akademik terjadi pada beberapa mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Hasil tersebut dikarenakan mereka kurang memiliki kemampuan dalam hal pengaturan belajar dan mereka juga memiliki keyakinan bahwa mereka kurang mampu menghadapi kesulitan yang mereka alami dalam hal pencapaian prestasi di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara self-efficacy dan self regulated learning dengan prestasi akademik. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 2012. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 80 mahasiswa dipilih dengan teknik Incidental Sampling. Pengambilan data menggunakan angket self efficacy, self regulated learning, dan memakai nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis korelasi Spearman. Hasil menunjukkan ada hubungan antara self efficacy dengan prestasi akademik (r = 0,234, p = 0,036 < 0,05) dan tidak adanya hubungan antara self regulated learning dengan prestasi akademik (r = 0,072, p = 0.526 > 0,05). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa self efficacy yang lebih memiliki hubungan dengan prestasi akademik dibandingkan dengan self regulated learning. Self efficacy memberikan sumbangsih sebesar 5,4 % terhadap prestasi akademik.
Downloads
References
Muharrani, T. (2011). Hubungan Self efficacy dengan self regulated learning pada Mahasiswa Fakultas Psikologi USU. Fakultas Psikologi: Sumatera Utara. Diunduh dari : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/26802/7/Cover.pdf
Nursilawati. (2010). Hubungan Self Efficacy Matematika dengan Kecemasan Menghadapi Pelajaran Matematika. Fakultas Psikologi: Universitas Islam Negeri Jakarta. Diunduh dari : http://repository.uimjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21704
Santrock, J. W (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suryabrata. S. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Wolters, C.A. Pintrich, P.R, & Karabenick, S.A. (2003). Assessing academic self regulated learning. Conference on Indicators of Positive Development: Child Trends. Hal 8-24. Diunduh dari : http://childtrends.org/wp-content/uploads/2013/05/Child_Trends-2003_03_12_PD_PDConfWPK.pdf
Woolfolk, A. (2004). Educational Psychology 9th ed. Boston: Pearson and AB.
Zimmerman, B. J. (1990 ). Self Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Journal of Educational Psychology, Vol 25, No. 1, 3-17. Diunduh dari :http://www.rhartshorne.com/fall-2012/eme6507-rh/cdisturco/eme6507eportfolio/documents/zimmerman.pdf
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.