HUBUNGAN ANTARA SELF - EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SURABAYA

  • Dessy Annastia Sari Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 439 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 453 times
Keywords: Self Efficacy, Self Regulated Learning, Prestasi Akademik

Abstract

Dalam dunia pendidikan, pada setiap jenjang pendidikan, baik itu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Perguruan Tinggi (PT), prestasi akademik merupakan tolak ukur dari pencapaian hasil belajar. Pada jenjang perguruan tinggi, prestasi akademik ditunjukkan melalui Indeks Prestasi (IP). Indeks Prestasi adalah angka yang menunjukkan prestasi seseorang dalam belajar atau bekerja. Pencapaian prestasi akademik yang tinggi merupakan harapan semua  mahasiswa, namun kenyataannya tidak semua mahasiswa mempunyai prestasi akademik yang tinggi. Fenomena rendahnya prestasi akademik terjadi pada beberapa mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Hasil tersebut dikarenakan mereka kurang memiliki kemampuan dalam hal pengaturan belajar dan mereka juga memiliki keyakinan bahwa mereka kurang mampu menghadapi kesulitan yang mereka alami dalam hal pencapaian prestasi di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara self-efficacy dan self regulated learning dengan prestasi akademik. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 2012. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 80 mahasiswa dipilih dengan teknik Incidental Sampling. Pengambilan data menggunakan angket self efficacy, self regulated learning, dan memakai nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis korelasi Spearman. Hasil menunjukkan ada hubungan antara self efficacy dengan prestasi akademik (r = 0,234, p = 0,036 < 0,05) dan tidak adanya hubungan antara self regulated learning dengan prestasi akademik (r = 0,072, p = 0.526  > 0,05). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa self efficacy yang lebih memiliki hubungan dengan prestasi akademik dibandingkan dengan self regulated learning. Self efficacy memberikan sumbangsih sebesar 5,4 % terhadap prestasi akademik.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslamawati, et al. (2012). Hubungan Self Regulation Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA. Fakultas Psikologi Universitas Islam: Bandung. Diunduh dari : http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/download/350/pdf

Muharrani, T. (2011). Hubungan Self efficacy dengan self regulated learning pada Mahasiswa Fakultas Psikologi USU. Fakultas Psikologi: Sumatera Utara. Diunduh dari : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/26802/7/Cover.pdf

Nursilawati. (2010). Hubungan Self Efficacy Matematika dengan Kecemasan Menghadapi Pelajaran Matematika. Fakultas Psikologi: Universitas Islam Negeri Jakarta. Diunduh dari : http://repository.uimjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21704

Santrock, J. W (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryabrata. S. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wolters, C.A. Pintrich, P.R, & Karabenick, S.A. (2003). Assessing academic self regulated learning. Conference on Indicators of Positive Development: Child Trends. Hal 8-24. Diunduh dari : http://childtrends.org/wp-content/uploads/2013/05/Child_Trends-2003_03_12_PD_PDConfWPK.pdf

Woolfolk, A. (2004). Educational Psychology 9th ed. Boston: Pearson and AB.

Zimmerman, B. J. (1990 ). Self Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Journal of Educational Psychology, Vol 25, No. 1, 3-17. Diunduh dari :http://www.rhartshorne.com/fall-2012/eme6507-rh/cdisturco/eme6507eportfolio/documents/zimmerman.pdf
Published
2016-03-01