HUBUNGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN TRUSTWORTHINESS DENGAN KINERJA ANGGOTA RESIMEN MAHASISWA

  • Nicky Wahyu Purnama Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 85 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 80 times
Keywords: OCB, Trustwhortiness, Kinerja, Menwa

Abstract

Kinerja merupakan faktor penting dalam suatu organisasi atau perusahaan, karena melalui kinerja dapat diketahui keadaan dan ketrampilan seseorang secara rutin serta mendorong tercapainya hubungan timbal balik yang sehat antara atasan dan bawahan. Dalam Menwa, anggota dapat dikatakan memiliki kinerja yang baik apabila selama bertugas tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan, sehingga mendapat penilaian yang baik dari atasannya. Dalam pelaksanaannya seluruh peraturan akan berhubungan  dengan kinerja para anggota Menwa. Untuk mewujudkan kinerja yang baik anggota harus memiliki OCB dan Trustworthiness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara OCB dan Trustwhorthiness dengan kinerja anggota Menwa Universitas Surabaya. Peneliti mengambil subjek penelitian sebanyak 25 orang anggota Menwa Univeritas Surabaya. Pengumpulan data variabel Kinerja, OCB, dan Trustworthiness diperoleh melalui angket. Berdasarkan hasil yang diperoleh, Nilai koefisian korelasi OCB dengan kinerja memiliki signifikansi <0,05 yaitu 0,001 dan nilai r sebesar 0,602. Hasil tersebut menyatakan bahwa ada hubungan positif antara OCB dengan kinerja. Trustworthiness dengan kinerja memiliki signifikansi > 0,05 yaitu 0,827 dan nilai r sebesar 0,034 sehingga tidak ada hubungan positif antara Trustworthiness dengan kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, D. (1995). An integrative model of organizational trust. Academy of Management Review, 20 (3), 709–734.

Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, D. (1995). An integrative model of organizational trust. Academy of Management Review, 20 (3), 709–734.

Lovell, Sharon et.al. 1999. Does gender affect the link between organizational citienzhip behavior and performance evaluation. Journal of sex roles. Vol. 41, Nos. 5/6 ; ProQuest Sociology.

Bernardin, H. John dan Russel, J.E.A. (1993) Humans Resource Management: an Experimental Approach, International Edition. Singapore: McGraw Hill. Inc.

Organ, Dennis W. (2006). Organizational Citizenship Behavior Its Nature, Antecendents, and Consequences . California: Sage Publications, Inc. Purba, Elfina & Debora & Seniati, Liche Ali Nina. (2013). Pengaruh Keperibadian dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Cit izenship Behavior, Makara .Sosial Humaniora, vol 8, no. 3, desember 2004: 105-111.
Published
2016-03-01