DINAMIKA PENYESUAIAN DIRI PEREMPUAN USIA EMERGING ADULTHOOD TANPA PENGALAMAN DATING

  • Cindy Adhianty Tupan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 288 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1109 times
Keywords: Penyesuaian diri, emerging adulthood, hubungan romantis, hubungan berpacaran, no dating

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memperoleh gambaran dinamika penyesuaian diri pada perempuan usia emerging adulthood yang tidak memiliki pengalaman dating. Dating atau hubungan pacaran merupakan faktor pendukung  individu usia emerging adulthood untuk memenuhi tugas perkembangan di usia selanjutnya. Melalui dating, individu belajar berbagi, bersosialisasi, terbuka, saling percaya, serta berkomitmen. Tidak semua individu pada usia emerging adulthood memiliki pengalaman dating. Berdasarkan wawancara terhadap dua informan yaitu perempuan emerging adulthood berstatus no dating, diperoleh hasil bahwa komitmen berperan penting dalam pemaknaan serta pencapaian fungsi dating. Intimacy tidak cukup memuaskan individu khususnya perempuan, ketika menjalin relasi dengan lawan jenis. Oleh karena itu individu akan tetap merasa sendiri dan sepi. Kondisi fisik menjadi hal lain yang dapat memperparah individu untuk semakin terbelenggu dalam status no dating. Kesimpulannya adalah setiap individu melakukan kompensasi yang berbeda atas status no dating yang disandang, bisa dalam hal kehidupan sosial juga karir. Kompensasi dalam dua ranah tersebut menunjukkan bahwa status no dating bukan penghalang bagi individu dalam menyesuaikan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnett, J. J. (2000). Emerging adulthood: a theory of development frome late teens through the twenties. American Psychological Association, 55 (5), 469-480.

Crooks, R. & Baur, K. (1983). Our sexuality. California: The Benjamin/Culmming S Publishing Company, Inc.

Duvall, E & Miller, C. M. (1985). Marriage and family development: 6th ed. New York: Harper & Row Publisher.

Feist, J. & Fiest, G. J. (2009). Theories of personality. USA: McGraw-Hill.

Feist, J. & Fiest, G. J. (2011). Theories of personality. USA: McGraw-Hill.

Mappiare, A. (1982). Psikologi remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Montgomery, D. C. (2005). Introduction to statistical quality control, 5th edition. New York : John Wiley and Sons, inc.
Published
2016-03-01