PENGARUH CONSUMER ALIENATION, MACHIAVELLIANISM, SEEK SENSATION, AGGRESSI VENESS, SELF-ESTEEM, GENDER, LEVEL OF INCOME, CUSTOMER’S AGE, LEVEL OF EDUCATION TERHADAP PAST CUSTOMER MISBEHAVIOR & PAST CUSTOMER MISBEHAVIOR TERHADAP FUTURE MISBEHAVIOR INTENTION
Abstract
Tempat wisata cagar alam beru pa kebun binatang terbesar yang terdapat Indonesia ada beberapa antara lain Kebun Binatang Ragunan, Kebun Binatang Gembira Loka, dan Kebun Binatang Surabaya. Kebun Binatang di Jawa Timur yaitu Kebun Binatang Surabaya yang terdapat di kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Consumer Alienation, Machiavellianism, Seek Sensation, Aggressiveness, Self-Esteem, Gender, Level of Income, Customer’s Age, Level of Education terhadap Past Customer Misbehavior dan Past Customer Misbehavior terhadap Future Misbehavior Intention di Kebun Binatang Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian in i bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer dipe roleh melalui penyebaran kuesioner sedangkan untuk data sekunder diperole h dari internet. Target populasi adalah pelanggan yang pernah mengunjungi Kebun Binatang Surabaya selama tiga bulan terakhir serta pernah melakukan tindakan kurang pantas. Karakteristik populasi adalah responden pria dan wanita, minimal pendidikan SMA, bertempat tinggal di Surabaya, pernah mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, pernah melakukan tindakan yang kurang pantas saat berada diKebun Binatang Surabaya. Penelitian ini menggunakan aras pengukuran interval, yaitu suatu pengukuran yang mempunyai jarak yang sama dan selisih yang jelas. Jenis skala pengukuran yang digunakan adalah likert scale yang menggunakan tujuh tingkatan pilihan jawaban yang sudah tersedia di setiap pertanyaan yang terdapat pada kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 180 orang. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa variabel yang menunjukkan pengaruh signifikan serta tidak signifikan. Variabel gender, level of education, customer’s age, level of income, sensation seeking, dan aggressiveness tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap past customer misbehavior. Variabel past customer misbehavior juga tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap future misbehavior intention. Sedangkan variable consumer alienation , 1 Machiavellianism, dan self-esteem mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap past customer misbehavior.
Downloads
References
Burns, D.J., 2010, Consumer Alienati on and Attitudes toward Consumer Free Riding,
The Journal of Business Inquiry, Vol. 9, Issues 1, pp. 22 – 36.
Emler, N., 2001, Self-Esteem: The Costs and Causes of Low Self-Worth, Joseph Rowntree Foundation.
Flight, R.L., danScherle, J., 2012, Impulsive and Compulsive Buying from a Perspective of Context, Proceedings of The Atlantic Marketing Association, pp. 64 – 77.
Forero, C.G., Pujol, D.G., Olivares, A.M., danPueyo, A.A., 2008, Disentangling Impulsiveness, Aggressiveness and Impulsive Aggresion: An Empirical Approach Us ing Self-Report Measures,
Psychiatry Research, No. 168, pp. 40 – 49
Getnet, H.T., dan M.D Rizwan Malik , 2012, Molding the Behavior of Aggressiveness Customers: Case Study of Bjorken Hotel Umea Sweden, Master Thesis Spring, Umea School of Business and Economics.
Hanafi, N.I., danHidayatPutro, H.P., 2013, Penilaian Pengunjung Terhadap Atraksi dan Fasilitas Objek Wisata Kebun Binatang Surabaya, Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, pp. 106 – 116.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.