PEMBUATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN ILMU TAJWID

  • Dewi Pratiwi Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Ilmu tajwid merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari bagi setiap muslim. Dengan memahami ilmu tajwid maka seorang muslim dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.  Pembelajaran tajwid sudah diajarkan sejak dini di bangku sekolah dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan pembelajaran tajwid juga bisa didapatkan di lembaga non-formal. Namun berdasarkan survei yang dilakukan, hanya sedikit masyarakat muslim yang benar-benar memahami ilmu tajwid. Meskipun minat untuk mempelajari tajwid masih ada, namun banyak dari mereka yang sibuk, belum bisa membagi waktu dan belum menemukan guru yang tepat sehingga mereka memilih untuk belajar sendiri dirumah. Media pembelajaran yang tersedia pun memiliki kekurangan seperti buku yang penyajiannya hanya berupa tulisan sehingga susah dipahami makna bunyi dan panjang pendek bacaan yang dimaksud, penyajian kurang menarik sehingga membuat pembaca cepat bosan, ataupun media audio (murottal) yang terkadang memiliki tempo bacaan cepat sehingga membuat mereka kesulitan mendengarkan dengan jelas. Dari permasalahan tersebut, penulis membuat sebuah aplikasi multimedia interaktif pembelajaran ilmu tajwid yang disajikan dengan menggabungkan audio, video, animasi 2D dan fitur mini game sehingga pembelajaran terlihat menarik dan mudah dipahami. Pembuatan aset, desain tampilan dan program pada aplikasi ini menggunakan software Adobe Photoshop CS6, Adobe Illustrator CS6, Adobe Premiere Pro CS6, Adobe Flash Professional CS6 dan Audacity. Hasil akhir dari aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat android. Aplikasi ini telah melewati tahap uji coba dan evaluasi dengan mengujicobakan aplikasi kepada target pengguna dan membagikan kuesioner kepada mereka. Respon yang didapatkan positif, materi dan visualisasi yang disajikan dalam aplikasi ini menarik dan mudah dipahami oleh pengguna, sehingga dapat membantu masyarakat muslim dalam mempelajari tajwid secara mandiri dan menarik. .   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zarkasyi, Imam (1995). Pelajaran Tajwid, Cetakan ke-26. Ponorogo: TRIMURTI PRESS.

Bina, Ahda (2011). Mudah, Cepat & Praktis Belajar Tajwid. Surakarta: Shahih.

MS, Masruri Y. dan Yahya, M.A. (2011). 5 Jam Jago Tajwid. Jakarta: QultumMedia.

Cook, M.E. (2001). Principle of Interactive Multimedia. London: McGraw Hill.

Sutopo, Ariesto (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Parekh, Ranjen (2006). Principles of Multimedia. New Delhi: McGraw Hill.

Luther, Arc C. (1994). Authoring Interactive Multimedia. Boston: AP Professional.

Vaughan, T. (2006). Multimedia: Making It Works, 7th Edition. New York: McGraw Hill.

The Holy Qur’an Al-Fatih. Jakarta: Pustaka Al-Fatih.

The Holy Qur’an (with Colour Coded Tajweed Rules in Indonesian Language). Jakarta: Lautan Lestari & Islamic Book Service.
Published
2016-03-01
How to Cite
PRATIWI, Dewi. PEMBUATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN ILMU TAJWID. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 9, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2740>. Date accessed: 08 july 2020.