PEMBUATAN MOTION COMIC RIWAYAT HIDUP R.A. KARTINI

  • Jeffry Ginnanto Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu tokoh wanita yang dapat menjadi teladan bagi pada wanita generasi muda. Namun tokoh R. A. Kartini yang mulai diajarkan pada pelajaran tematik anak kelas 4 SD ini tidak begitu rinci dan susah dipahami oleh anak kelas 4 SD dengan media pembelajaran ceramah. Motion comic dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran untuk anak kelas 4 SD. Sehingga muncul rumusan masalah yaitu bagaimana mengenalkan riwayat hidup R. A. Kartini kepada siswa kelas 4 SD secara menarik dan lebih rinci. Untuk mengerti kebutuhan apa saja yang perlu diterapkan pada motion comic ini, dilakukan analisa dengan melakukan wawancara terhadap siswa kelas 4, 5, dan 6 SD baik yang menyukai mengenai topik sejarah maupun yang tidak serta wawancara dengan guru pengajar. Sehingga didapatkan kebutuhan sistem yang dapat memenuhi tujuan motion comic. Setelah kebutuhan sistem diketahui, untuk menyelesaikan motion comic hingga dapat diuji coba, dibutuhkan tahap desain dan tahap implementasi. Proses desain dimulai dari membuat desain cerita, desain karakter dan desain tampilan yang menggunakan software Paint tool SAI, Adobe Photoshop CS6 dan Adobe Illustrator CS6. Pada proses implementasi, aplikasi ini menggunakan software Adobe Flash CS6 untuk implementasi program. Kemudian penggunaan software Audacity untuk mengatur suara sebagai proses dari implementasi dubbing. Tahap berikutnya dilakukan verifikasi dan validasi yang menyatakan motion comic ini menarik dan cerita yang ada mudah dimengerti sehingga kuis kecil yang diberikan mendapatkan perbedaan signifikan pada sebelum dan sesudah menggunakan motion comic ini. Serta kesimpulan yang dapat diambil adalah motion comic ini dapat membantu siswa kelas 4 SD untuk belajar mengenai R.A. Kartini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert, C. (2008) The Rise of Motion Comics Online

Diakses 25 Mei 2015, dari https://gigaom.com/2008/07/30/the-rise-of-motion- comics-online/

Imron, Rosyadi (2010), R.A. Kartini Biografi Singkat 1879-1904. Yogyakarta: Garasi House of Book.

Idjah Chodidjah (1986), Rintihan kartini. Jakarta: CV PD & I Ikhwan

Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mediawati, Elis. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1. Diakses 20 Maret 2015, dari http://jurnal.upi.edu/file/6-Elis_Mediawati.pdf

Cinemags. 2004. The Making of Animation:homeland. Bandung: PT Megindo Tunggal Sejahtera Indonesia.

Nugroho, Eko (2008), Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sihombing, Danton (2003). Tipografi dalam desain grafis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Published
2016-03-01
How to Cite
GINNANTO, Jeffry. PEMBUATAN MOTION COMIC RIWAYAT HIDUP R.A. KARTINI. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 6, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2742>. Date accessed: 03 july 2020.