PEMBUATAN MOTION COMIC INTERAKTIF DETIK-DETIK PEMBACAAN NASKAH PROKLAMASI
Abstract
Peristiwa detik-detik pembacaan naskah proklamasi merupakan salah satu materi yang terdapat pada pelajaran sejarah. Materi ini termasuk dalam kurikulum wajib yang diajarkan di sekolah yaitu pada tingkat Sekolah Dasar kelas 5, Sekolah Menengah Pertama kelas 8, dan Sekolah Menengah Atas kelas 12. Walaupun sudah termasuk dalam kurikulum di sekolah, masih banyak pelajar yang tidak memahami rangkaian peristiwa dari detik-detik pembacaan naskah proklamasi. Hal ini diperkuat juga dengan survey yang dilakukan kepada pelajar, dan terbukti hanya sebagian kecil pelajar yang mampu menjawab pertanyaan dan menceritakan peristiwa seputar detik-detik pembacaan naskah proklamasi dengan benar. Berdasarkan hasil pengamatan media penyajian materi detik-detik pembacaan naskah proklamasi, didapatkan bahwa media yang digunakan adalah buku pelajaran, internet, dan dokumentasi. Dari ketiga media tersebut didapatkan kesimpulan bahwa kurangnya visualisasi yang berkaitan dengan materi, dan dominan berisi teks yang panjang serta banyaknya runtutan kejadian membuat siswa-siswi kesulitan untuk memahami alur dan kronologis kejadian. Dari permasalahan dan kebutuhan yang ada, maka dibuat sebuah motion comic untuk memvisulisasikan peristiwa detik-detik proklamasi dan mengemasnya secara digital. Motion comic ini dibuat dengan Adobe Flash CC dan pembuatan asset pada aplikasi ini menggunakan software Adobe Illustrator CC, dan Adobe Photoshop CC. Video intro dibuat dengan menggunakan software Adobe After Effect. Sedangkan untuk audio menggunakan alat perekam Zoom dan software Audacity. Motion comic ini disajikan dalam bentuk interaktif dengan animasi komik sederhana.Aplikasi motion comic ini telah melalui proses uji coba dan evaluasi dengan mengujicobakan pada target market serta menggunakan metode wawancara dan membagikan kuisioner. Hasil dari uji coba sangat positif. Responden menyukai aplikasi ini karena membuat materi detik-detik pembacaan naskah proklamasi menjadi lebih mudah dipahami dan lebih menarik karena ditunjang dengan visualisasi yang tidak membosankan. Diharapkan motion comic ini dapat menjadi salah satu solusi bagi generasi muda untuk lebih mudah mencerna cerita
Downloads
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kurtubi (2009). Sudut Bumi IPS Terpadu Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Musthofa (2009). Sejarah 3 : Untuk Kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Prof. Dr. H. Dadan Wildan, M.Hum. Membuka Catatan Sejarah: Detik-Detik Proklamasi, 17 Agustus 1945. http://www.setneg.go.id/ index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=19 (Diakses 12 Januari 2015)
Biografi Abdul Latief Hendraningrat. 2010. http://www.jakarta.go.id/web/encyclopedia/detail /2951/Abdul-Latif-Hendraningrat (Diakses 12 Januari 2015)
Henry Ismono. 2013. Komik Perjuangan. http://henrykomik.com/wp/2013/08/komik-perjuangan/ (Diakses 25 Desember 2014)
Metrotvnews. 2014. Memancing Minat Anak-anak dengan Komik Perjuangan. http://news.metrotvnews.com/read/2014/07/12/264648/ memancing-minat-anak-anak-dengan-komik-perjuangan (Diakses 3 Desember 2014)
Albrecht.C (2008). The Rise of Motion Comics Online. http://newteevee.com/2008/07/30/the-rise-of-motion-comics-online/ (Diakses 21 January 2015)
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.