PEMBUATAN VISUAL NOVEL CERITA NABI ELIA

  • Cahyo Nugroho Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 162 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 232 times
Keywords: Alkitab, Nabi Elia, Visual Novel

Abstract

Alkitab adalah tulisan yang diilhamkan oleh Allah bagi umat Kristiani. Roh Kuduslah yang menginspirasi para penulis Alkitab. Dengan kata lain, Alkitab adalah firman Allah sendiri yang nyata. Melalui isi dari Alkitab kita dapat mengetahui karakter Allah dan mengenal dengan betul siapa juru slamat yang sesungguhnya. Oleh karena itu, harus membaca Alkitab sejak dini untuk mempelajari dan memahami kebenaran Yesus Kristus yang tertulis di dalam Alkitab. Pada kondisi saat ini banyak sekali anak-anak sudah memulai dibiasakan mengenal dan membaca Alkitab sejak dini. Tetapi sebagian besar banyak anak-anak masih kebingung jika membaca Alkitab sendiri, yang dikarenakan bahasa yang susah dipahami oleh anak-anak dan Alkitab merupakan buku yang kurang menarik bagi mereka, karena tidak terdapat gambar yang banyak maupun animasi melainkan hanya tulisan saja serta bahasanya yang susah untuk dimengerti. Dari permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah penyajian cerita Alkitab yang menarik. Untuk itu, dibuatlah sebuah aplikasi multimedia interaktif  yang menceritakan tentang cerita Nabi Elia dengan judul Pembuatan Visual Novel Nabi Elia. Aplikasi ini ditujukan untuk anak-anak berumur 9-12 tahun. Dalam aplikasi Visual Novel ini, cerita Nabi Elia disajikan dengan format Visual Novel yang menggabungkan gambar, suara dan animasi. Dalam aplikasi ini terdapat pula fitur quiz Alkitab yang menjadikan aplikasi ini menarik.  Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi menghasilkan hasil yang memuaskan yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Penyajian cerita dalam aplikasi ini mempunyai tampilan yang menarik dan juga anak-anak dapat memahami cerita ini dengan baik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cavallaro, Dani(2010), Anime and the Visual Novel: Narrative Structure, Design and Play at the Crossroads of Animation and Computer Games.

Nugroho, Eko (2008), Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sihombing, Danton (2003). Tipografi dalam desain grafis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Diakses 20 Mei 2014, dari http://www.ranker.com/list/all-visual-novels- list/reference
Published
2016-03-01