PEMBUATAN GAME BOLA BASKET UNIVERSITAS SURABAYA

  • Andre Makmur Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Universitas Surabaya adalah universitas terkemuka di surabaya yang mempunyai prestasi bola basket baik prestasi ditingkat ragional hingga tingkat nasional. Meskipun ubaya mempunyai segudang prestasi yang telah diraih, belum banyak yang mengenal tim basket ubaya dan prestasi ubaya terutama dikalangan siswa SMA. Ubaya juga memiliki pelatihan basket bagi siswa SMA yaitu coaching clinic, namun ternyata coaching clinic yang diadakan tidak menyeluruh pada sekolah yang ada sehingga dibutuhkan media berupa game interaktif yang berjudul USBA 2014.   Pada pembuatan game USBA 2014 ini dibutuhkan teori bola basket, game computer, game casual, dan multimedia interaktif. pada pembuatan game ini memakai karakter tim bola basket ubaya sehingga siswa SMA dapat mengenal tim basket ubaya. Desain yang dibuat adalah desain karakter, desain lapangan, desain warna, dan desain tampilan halaman dengan Software yang digunakan adalah adobe illustrator, adobe photoshop, dan adobe flash CS6. Setelah melakukan uji coba melalui pre test dan post test kepada siswa SMA, dapat disimpulkan bahwa game USBA 2014 ini dapat menjadi media pengenalan tim bola basket Universitas Surabaya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ellen, R.B.G. (1991. Februari 19). Collins English Dictionary.TV Technology 10. Roll. VTR.http://www.screenonline.org.uk/tv/technology/technology10.html

Hadisutupo, A (2011). Multimedia Interaktif dengan Flash. Jakarta: Graha Ilmu.

Cook, J (2001). Belajar Multimedia Interaktif. Bandung: Grasindo

Salim, A (2010, Desember 23). Buku Pintar Bola Basket. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Faruq, M.M (2008). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Pemainan Olahraga Bola Basket. Jakarta : Grasindo
Published
2016-03-01
How to Cite
MAKMUR, Andre. PEMBUATAN GAME BOLA BASKET UNIVERSITAS SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 8, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2748>. Date accessed: 03 july 2020.