PEMBUATAN GAME BOLA BASKET UNIVERSITAS SURABAYA
Abstract
Universitas Surabaya adalah universitas terkemuka di surabaya yang mempunyai prestasi bola basket baik prestasi ditingkat ragional hingga tingkat nasional. Meskipun ubaya mempunyai segudang prestasi yang telah diraih, belum banyak yang mengenal tim basket ubaya dan prestasi ubaya terutama dikalangan siswa SMA. Ubaya juga memiliki pelatihan basket bagi siswa SMA yaitu coaching clinic, namun ternyata coaching clinic yang diadakan tidak menyeluruh pada sekolah yang ada sehingga dibutuhkan media berupa game interaktif yang berjudul USBA 2014. Pada pembuatan game USBA 2014 ini dibutuhkan teori bola basket, game computer, game casual, dan multimedia interaktif. pada pembuatan game ini memakai karakter tim bola basket ubaya sehingga siswa SMA dapat mengenal tim basket ubaya. Desain yang dibuat adalah desain karakter, desain lapangan, desain warna, dan desain tampilan halaman dengan Software yang digunakan adalah adobe illustrator, adobe photoshop, dan adobe flash CS6. Setelah melakukan uji coba melalui pre test dan post test kepada siswa SMA, dapat disimpulkan bahwa game USBA 2014 ini dapat menjadi media pengenalan tim bola basket Universitas Surabaya.
Downloads
References
Hadisutupo, A (2011). Multimedia Interaktif dengan Flash. Jakarta: Graha Ilmu.
Cook, J (2001). Belajar Multimedia Interaktif. Bandung: Grasindo
Salim, A (2010, Desember 23). Buku Pintar Bola Basket. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Faruq, M.M (2008). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Pemainan Olahraga Bola Basket. Jakarta : Grasindo
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.