PEMBUATAN RPG OUR JOURNEY DENGAN RPG MAKER VX ACE

  • Astrid Ariany Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 86 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 194 times
Keywords: RPG, RPG Maker VX Ace, Parallax Mapping

Abstract

RPG Our Journey yang merupakan adaptasi dari RPN (Role-Play Novel) Our Journey pertama kali dikembangkan pada tahun 2004 dengan menggunakan RPG Maker XP. Versi alpha dari RPG ini telah dirilis pada tahun 2006, namun pembuatannya terhenti oleh karena kurangnya tenaga dan waktu dari sisi developer. Di sisi lain, identitas dari game ini terasa masih kurang bila dibandingkan dengan game-game lain yang dibuat dengan RPG Maker sebab tidak adanya keunikan dari sisi aset yang digunakan. Selain itu, RPG Maker XP pun sudah mulai ditinggalkan dengan munculnya RPG Maker VX Ace. Untuk mengatasi masalah ini, RPG Our Journey dibuat ulang dengan menggunakan RPG Maker VX Ace. Pembuatan identitas dari game ini tercapai dengan adanya logo dan karakter yang telah didesain sendiri dan peta yang didesain ulang dengan teknik parallax mapping. Karena grafis dan frame rate permainan masih menjadi prioritas dalam sebuah RPG, pembuatan RPG Our Journey dengan RPG Maker VX Ace dapat membuat RPG Our Journey menjadi lebih menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Enterbrain (2014) RPG Maker VX Ace. Diunduh 16 September 2014, dari: http://www.rpgmakerweb.com/products/programs/rpg-maker-vx-ace.

Èxsharaèn (2003). Our Journey. RPG Fantasy Indonesia, Surabaya, Indonesia.

Heliö, S. (2004) Role Playing: A Narrative Experience and a Mindset. Diunduh 3 Oktober 2014, dari: http://www.ropecon.fi/brap/ch6.pdf

Laramee, F.D. (1999). The Game Design Process. Diunduh 16 September 2014, dari: http://www.gamedev.net/page/resources/_/creative/game-design/the- game-design-process-r273

Wikipedia (2014) PC Game. Diunduh 16 September 2014, dari: http://en.wikipedia.org/wiki/PC_game
Published
2016-03-01