PEMBUATAN RPG OUR JOURNEY DENGAN RPG MAKER VX ACE
Abstract
RPG Our Journey yang merupakan adaptasi dari RPN (Role-Play Novel) Our Journey pertama kali dikembangkan pada tahun 2004 dengan menggunakan RPG Maker XP. Versi alpha dari RPG ini telah dirilis pada tahun 2006, namun pembuatannya terhenti oleh karena kurangnya tenaga dan waktu dari sisi developer. Di sisi lain, identitas dari game ini terasa masih kurang bila dibandingkan dengan game-game lain yang dibuat dengan RPG Maker sebab tidak adanya keunikan dari sisi aset yang digunakan. Selain itu, RPG Maker XP pun sudah mulai ditinggalkan dengan munculnya RPG Maker VX Ace. Untuk mengatasi masalah ini, RPG Our Journey dibuat ulang dengan menggunakan RPG Maker VX Ace. Pembuatan identitas dari game ini tercapai dengan adanya logo dan karakter yang telah didesain sendiri dan peta yang didesain ulang dengan teknik parallax mapping. Karena grafis dan frame rate permainan masih menjadi prioritas dalam sebuah RPG, pembuatan RPG Our Journey dengan RPG Maker VX Ace dapat membuat RPG Our Journey menjadi lebih menarik.
Downloads
References
Èxsharaèn (2003). Our Journey. RPG Fantasy Indonesia, Surabaya, Indonesia.
Heliö, S. (2004) Role Playing: A Narrative Experience and a Mindset. Diunduh 3 Oktober 2014, dari: http://www.ropecon.fi/brap/ch6.pdf
Laramee, F.D. (1999). The Game Design Process. Diunduh 16 September 2014, dari: http://www.gamedev.net/page/resources/_/creative/game-design/the- game-design-process-r273
Wikipedia (2014) PC Game. Diunduh 16 September 2014, dari: http://en.wikipedia.org/wiki/PC_game
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.