PEMBUATAN APLIKASI VIDEO PANDUAN PUJA BAKTI AGAMA BUDDHA THERAVADA

  • Wisjaya Mastiono Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Agama adalah ajaran yang mengatur kepercayaan dan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa serta nilai-nilai yang berhubungan dengan norma dan tata susila. Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1969 di Indonesia ada 6 agama yang diakui secara sah yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen Katholik, Hindu, Buddha dan Konghucu dan setiap agama mempunyai cara beribadah masing-masing. Ibadah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menjalin hubungan kepada Tuhan dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Setiap agama mempunyai cara dan sebutan dalam melakukan ibadah. Umat Islam menyebut ibadah sebagai sholat, umat Kristen Protestan dan Kristen Katholik menyebut ibadah, umat Hindu dan Konghucu menyebut sembahyang, dan agama Buddha menyebut puja bakti.Agama Buddha mempunyai tiga mazhab besar yaitu Theravada, Mahayana, dan Tantrayana. Dalam penelitian ini akan dibahas khusus tata cara puja bakti agama Buddha mazhab theravada. Di dalam puja bakti, umat sering kali melakukan kesalahan seperti salah tata cara bernamakara dan membaca paritta. Hal ini yang melatarbelakangi dibuatnya Aplikasi Video Panduan puja Bakti dalam Agama Buddha Theravada. Aplikasi dikemas secara interaktif dan di dalam aplikasi tersaji lengkap cara melakukan namakara, cara dan macam bermeditasi, serta cara membaca paritta suci yang baik dan benar. Aplikasi dibuat dengan menggunakan warna dominan hitam dicampur dengan 5 warna yang ada pada bendera agama Buddha Theravada. Setelah aplikasi berhasil dibuat, aplikasi diuji coba kepada beberapa orang dengan metode pre/post test. Pre/post test dari aplikasi ini menunjukan bahwa aplikasi memang mampu membantu umat Buddha Theravada dalam memahami cara melakukan namakara, cara dan macam meditasi serta cara membaca paritta yang baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhammadiro. 2005. Paritta Suci. Jakarta:Yayasan Saõgha Theravâda Indonesia

Dickson. 2014. Agama-agama di Indonesia.http://ilmupengetahuanumum.com/agama-agama- di-indonesia. Diakses pada 10 November 2014.

Eka. 2010. Siggalovada Sutta. http://www.samaggi-phala.or.id/naskah-dhamma/sigalovada- sutta-2/. Diakses pada 10 November 2014.

Jayadho. 2005. Tata Cara Namaskara dan meditasi. Burma.

Michael, T. 2010. 3 Aliran Agama Buddha-3 Branches of Buddhism. http://indonesianbuddhistsociety.wordpress.com/2010/01/26/3-aliran-ajaran-buddha-3branches-of-buddhism/. Diakses pada 10 November 2014.

Ratanakumaro. 2009. Makna bernamaskara. http://ratnakumara.wordpress.com/2009/09/14/makna-ber-namaskara/. Diakses pada 10 November 2014. Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta : Gramedia Pustaka utama.

Viryadharo. 2014. Wawancara “Puja bakti” di Vihara Dhammadipa, Jl Pandegiling 260.
Published
2016-03-01
How to Cite
MASTIONO, Wisjaya. PEMBUATAN APLIKASI VIDEO PANDUAN PUJA BAKTI AGAMA BUDDHA THERAVADA. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 14, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2753>. Date accessed: 03 july 2020.