PEMBUATAN FILM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK ANIMASI 3D UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS 2

  • Andre Ridwanto Iwan Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang penting, terutama dasar-dasar matematika seperti operasi bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Karena operasi bilangan akan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung uang saat melakukan jual beli barang, dan lain-lain. Dari hasil wawancara yang dilakukan, guru-guru mengatakan bahwa murid-muridnya suka dengan matematika asalkan cara mengajarnya menyenangkan dan tidak membosankan, seperti menggunakan permainan atau perumpamaan-perumpaan. Begitu juga dengan para orang tua murid yang mengajari anak-anaknya di rumah dengan cara yang menyenangkan agar anaknya mau belajar dan tidak bosan. Sehingga cara mengajar seperti itulah yang harus dipertahankan agar anak-anak tetap senang belajar matematika.   Anak-anak membutuhkan waktu untuk istirahat dan hiburan setelah seharian belajar dan mengerjakan PR. Hal ini mereka butuhkan  untuk  merilekskan kembali otak mereka agar tidak jenuh. Menonton film atau televisi merupakan salah satu hiburan yang disukai anak-anak. Dan dari hasil survey yang dilakukan pada orang tua, beberapa dari mereka mengalami kesulitan saat menyuruh anak mereka kembali belajar, karena mereka sudah asik dengan tontonannya. Para orang tua khawatir waktu belajar anaknya habis karena tontonan tersebut tidak ada hubungannya dengan pelajaran mereka.  Dari permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuah film pembelajaran matematika berbentuk animasi 3D agar bisa membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan, yaitu belajar matematika sambil menonton film, sehingga mereka tidak bosan dan tetap senang belajar matematika, mengingat akan pentingnya matematika. Selain itu juga dapat mengurangi kekhawatiran para orang tua karena film yang ditonton anaknya masih berhubungan dengan pelajarannya di sekolah. Pada film ini juga terdapat interaktif simple berupa soal-soal matematika sehingga anak-anak tersebut bisa ikut mencoba menjawab soal-soal tersebut untuk latihan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bustaman, Burmansyah (2001). Web design dengan macromedia flash mx 2004. Yogyakarta: Andi Offset.

Djalle, Z.G. (2007). The Making of 3D Animation Movie using 3Ds Max. Bandung: Informatika.

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG, Bandung : Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung : Tarsito.

Suciadi, Andi Andreas (2003) Menguasai Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash MX. Jakarta: Dinastindo.

Zembry (2001). Animasi web dengan macromedia Flash 8. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Published
2016-03-01
How to Cite
IWAN, Andre Ridwanto. PEMBUATAN FILM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK ANIMASI 3D UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS 2. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 8, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2754>. Date accessed: 03 july 2020.