PEMBUATAN FILM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK ANIMASI 3D UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS 2
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang penting, terutama dasar-dasar matematika seperti operasi bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Karena operasi bilangan akan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung uang saat melakukan jual beli barang, dan lain-lain. Dari hasil wawancara yang dilakukan, guru-guru mengatakan bahwa murid-muridnya suka dengan matematika asalkan cara mengajarnya menyenangkan dan tidak membosankan, seperti menggunakan permainan atau perumpamaan-perumpaan. Begitu juga dengan para orang tua murid yang mengajari anak-anaknya di rumah dengan cara yang menyenangkan agar anaknya mau belajar dan tidak bosan. Sehingga cara mengajar seperti itulah yang harus dipertahankan agar anak-anak tetap senang belajar matematika. Anak-anak membutuhkan waktu untuk istirahat dan hiburan setelah seharian belajar dan mengerjakan PR. Hal ini mereka butuhkan untuk merilekskan kembali otak mereka agar tidak jenuh. Menonton film atau televisi merupakan salah satu hiburan yang disukai anak-anak. Dan dari hasil survey yang dilakukan pada orang tua, beberapa dari mereka mengalami kesulitan saat menyuruh anak mereka kembali belajar, karena mereka sudah asik dengan tontonannya. Para orang tua khawatir waktu belajar anaknya habis karena tontonan tersebut tidak ada hubungannya dengan pelajaran mereka. Dari permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuah film pembelajaran matematika berbentuk animasi 3D agar bisa membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan, yaitu belajar matematika sambil menonton film, sehingga mereka tidak bosan dan tetap senang belajar matematika, mengingat akan pentingnya matematika. Selain itu juga dapat mengurangi kekhawatiran para orang tua karena film yang ditonton anaknya masih berhubungan dengan pelajarannya di sekolah. Pada film ini juga terdapat interaktif simple berupa soal-soal matematika sehingga anak-anak tersebut bisa ikut mencoba menjawab soal-soal tersebut untuk latihan.
Downloads
References
Djalle, Z.G. (2007). The Making of 3D Animation Movie using 3Ds Max. Bandung: Informatika.
Ruseffendi, E.T. (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG, Bandung : Tarsito.
Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung : Tarsito.
Suciadi, Andi Andreas (2003) Menguasai Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash MX. Jakarta: Dinastindo.
Zembry (2001). Animasi web dengan macromedia Flash 8. Jakarta: Elex Media Komputindo.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.