PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D BERTEMAKAN NATAL
Abstract
Film-film Natal yang tersebar di Indonesia banyak yang menceritakan hanya kelahiran Tuhan Yesus maupun menceritakan Santa Klause, akan tetapi cerita yang terjadi pada saat kelahiran Tuhan Yesus yaitu kekerasan Herodes sudah jarang diceritakan. Tugas Akhir ini penting karena banyak remaja saat ini kurang memahami kisah yang terjadi pada saat Tuhan Yesus lahir. Para remaja saat ini selain ingin mengetahui kisah kelahiran Tuhan Yesus, para remaja juga ingin tahu dan mengerti apa yang terjadi dalam kisah kelahiran Tuhan Yesus yaitu kekejaman Herodes yang memerintah. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dibuatlah sebuah film animasi 3D yang menceritakan pemerintahan Herodes dimasa Tuhan Yesus lahir. Film animasi 3D ini dibuat bertujuan untuk membantu para remaja untuk lebih memahami kisah pemerintahan Herodes dan hubungannya dengan kelahiran Yesus. Pembuatan film animasi ini diawali dengan analisis target audience yaitu remaja berusia 15 hingga 17 tahun. Analisis tersebut ditujukan untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan apa saja yang perlu diketahui untuk dapat mulai merancang desain awal film. Perancangan desain film meliputi karakter, cerita, naskah, diakhiri dengan penggambaran concept art dan storyboard. Desain yang telah dibuat mulai diimplementasikan pada tahap produksi. Film animasi ini dibuat dengan menggunakan software Autodesk 3Ds Max 2014 untuk pembuatan karakter dan animasi, Adobe Photoshop CS6 untuk membuat texture karakter dan aset pendukung lain, Adobe After Effects CS6 dan Adobe Premiere Pro CS6 untuk compositing, ProTools MP9 untuk Proses dubbing, dan Adobe Flash CS6 untuk membuat tampilan menu film. Film animasi ini telah melewati tahap uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi memberikan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan karena pengguna dapat memahami kisah pemerintahan Herodes
Downloads
References
Dameria, Anne. 2007. Color Basic Panduan Dasar Warna untuk Desainer dan industri Grafika. Jakarta : Link Match Graphic.
Djalle, Z.G. (2007). The Making of 3D Animation Movie using 3Ds Max. Bandung: Informatika.
McGraw, Ibiz Fernandez (2002), Macromedia Flash Animation & Cartooning, Jakarta: Raja Grafindo.
Nalwan, A. (1998). Pemrograman Animasi dan Game Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.