PENGARUH PELATIHAN SELF LEADERSHIP TERHADAP PENINGKATAN JOB CRAFTING PADA WIRANIAGA AUTO2000 CABANG A.YANI SURABAYA
Abstract
Semakin ketatnya persaingan perusahaan otomotif menuntut perusahaan untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu sumber daya yang menjadi perhatian yaitu wiraniaga karena merupakan faktor penggerak perusahaan dalam mencapai target yang diharapkan. Namun seringkali wiraniaga tidak dapat mencapai target yang diharapkan sehingga dibutuhkan job crafting untuk membantu karyawan merekayasa suatu pekerjaannya sehingga memudahkannya dalam pencapaian target. Job crafting adalah kemampuan melakukan perubahan batas-batas dan kondisi tugas-tugas pekerjaan, hubungan kerja dan makna dari pekerjaan. Oleh karena itu pada penelitian ini akan memberikan pelatihan “Lead Your Self” sebagai bentuk intervensi untuk meningkatkan job crafting. Pelatihan ini bertujuan mengetahui pengaruh pelatihan “Lead Your Self” terhadap peningkatan job crafting pada wiraniaga Auto2000. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimen yang dalam pelaksanaanya ditambahkan follow up. Populasi penelitian ini berjumlah 14 subjek yaitu 7 subjek pada kelompok eksperimen dan 7 subjek pada kelompok control. Berdasarkan hasil uji beda diketahui bahwa pelatihan “Lead Your Self” tidak ada perbedaan signifikan terhadap partisipan yang mendapatkan treatmen pelatihan sebab p > 0,05. Namun apabila ditelaah melalui metode wawancara dan observasi dapat dilihat bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah intevensi yang telah diberikan. Hal yang dapat menyebabkan tinggi rendahnya job crafting yaitu dapat disebabkan oleh faktor kepribadian maupun situasional. Selain itu job crafting dibutuhkan inisiatif dan proaktif yang tinggi untuk dapat mencapainya.
Downloads
References
Bakker, Arnold. B. 2012. Job Demands-Resourches Theory. Eindhoven University of Technology, The Netherlands
Bakker, A.B., & Demerouti, E. 2007. The job demands-resources model;state of the art. Journal of Managerial Psychology, 22,309-328.
Mangkuprawira. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Ghalia Indonesia
Manz, C. C.& Neck, C.P. 2004. Mastering self leadership : Empowering yourself for personal excellence ( Third Edition). Pearson Prentice Hall. Upper Sadle River, New Jersey.
Sjoberg, L. 2005. Personality and emotional intelligence as factors in sales performance. Departement of Economic Psychology – Stockholm School of Economics. Organisational Theory and Practice No.2.
Tims & Bakker, Arnorld. 2010. Job Crafting : Toward a new model of individual job redesign. SA Journal of Industrial Psychology
Tims. M, Bakker. A.B., Derks D & Rhenen Williem V. 2013. Job crafting at the team and individual level : Implication for work enggagement and performance. Group Organization Management
Tims, M., Bakker, A. B., & Derks, D. (2012). The development and validation of the Job Crafting Scale. Journal of Vocational Behavior, 80, 173–186
Wrzesnewski, A & Dutton, J.E. (2001). Crafting a job : Revisioning Employees as Active Crafters of them work. Academy of Management Review, 26 (2), 179-201
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.