HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERILAKU CARING GURU DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menguji tentang variabel psikologis eksternal yang berperan dalam motivasi belajar siswa yaitu persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya. Di samping itu penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana dinamika caring guru dan dukungan sosial teman sebaya bisa berdampak pada motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan koefisien korelasi ganda (R) = 0,491, F = 21,740, p = 0,000 (p < 0,01). Ini berarti ada hubungan antara persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar. Motivasi belajar dapat dijelaskan sebesar 23% oleh persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya. Secara parsial persepsi terhadap perilaku caring guru mempunyai sumbangan efektif 17,5.% dan dukungan sosial teman sebaya 8,4%. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, siswa disarankan untuk lebih meningkatkan persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya serta mempunyai dukungan sosial untuk teman sebaya yang lain. Guru seyogyanya meningkatkan caring guru dan sekolah mengadakan forum diskusi ilmiah untuk membahas perilaku caring guru dan meningkatkan peran tutor teman sebaya.
Downloads
References
Aritonang, Keke T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur.No. 10 Tahun Ke 7 Juni 2008.
Autio, Ossi.(2011). Elements in Students Motivation in Technology Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 29 (2011) 1161 – 1168
Bahar, Hüseyin H. (2010).The effects of gender, perceived social support and sociometric status on academic success. Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 3801–3805
Bungin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.
Carreira, J.M. (2005). New framework of intrinsic/extrinsic and integrative/instrumental motivation in second language acquisition. The Keiai Journal of International Studies Vol. 16, 39-64.
Çınar, Orhan, Bektaş, Çetin, dan Aslan, Imran (2011). A Motivation Study on the Effectiveness of Intrinsic and Extrinsic Factors. Ekonomika Ir Vadyba: 2011. Vol.16, 690-695
Cooper, B. (2004). Empathy, Interaction And Caring: Teachers’ Roles In A Constrained Environment. Pastoral Care, 22(3), 12-21
Dewayani, Astri, Sukarlan, Augustine D. dan Turnip, Sherly S. (2011). Perceived Peer Social Support dan Psychological Distress Mahasiswa Universitas Indonesia. Sosial Humaniora, Vo. 15, No. 2, Desember 2011 . Hal 86-93
Feist, Jess dan Feist, Gregory. J. (2011). Teori Kepribadian Buku 2 (Smita Prathita Sjahputri, Pengalih Bahasa). Jakarta: Salemba Humanika.
Fezer, Maryanna. (2008). Adolecent Social Support Network: Student Academic Succes As It Relates To Source and Type of Support Received. Desertasi, Tidak Diterbitkan, Faculty of Graduare School of the State University of New York at Buffalo.
Goldstein, Lisa S. dan Lake, Vickie E. (2000). Love, Love, and More Love for Children: Exploring Preservice Teachers' Understandings of Caring. Teaching and Teacher Education. Vol. 16 (2000) 861-872
Hakim, Thurstan. (tt). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pengembangan Swadaya Nusantara
King, Laura A. (2010). Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif (Pengalih Bahasa: Brian Marwensdy). Jakarta: Salemba Humanika.
Lee, Valerie.E, Smith, Julia.B, Perry, Tamara.E, dan Smylie, Mark.A, (1999). Social Support, Academic Press and Student Achievement: A View from the Middle Grades in Chicago.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.