HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERILAKU CARING GURU DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

  • Triono Triono Program Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menguji tentang variabel psikologis eksternal yang berperan dalam motivasi belajar siswa yaitu persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya. Di samping itu penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana dinamika caring guru dan dukungan sosial teman sebaya bisa berdampak pada motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan koefisien korelasi ganda (R) = 0,491, F = 21,740, p = 0,000 (p < 0,01). Ini berarti ada hubungan antara persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar. Motivasi belajar dapat dijelaskan sebesar 23% oleh persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya. Secara parsial persepsi terhadap perilaku caring guru mempunyai sumbangan efektif 17,5.% dan dukungan sosial teman sebaya 8,4%. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, siswa disarankan untuk lebih meningkatkan persepsi terhadap perilaku caring guru dan dukungan sosial teman sebaya serta mempunyai dukungan sosial untuk teman sebaya yang lain. Guru seyogyanya meningkatkan caring guru dan sekolah mengadakan forum diskusi ilmiah untuk membahas perilaku caring guru dan meningkatkan peran tutor teman sebaya.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abootorabi, Rosita. (2011). How I could improve academic motivation of my students in an industrial high school?. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 15 (2011) 571 – 575

Aritonang, Keke T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur.No. 10 Tahun Ke 7 Juni 2008.

Autio, Ossi.(2011). Elements in Students Motivation in Technology Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 29 (2011) 1161 – 1168

Bahar, Hüseyin H. (2010).The effects of gender, perceived social support and sociometric status on academic success. Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 3801–3805

Bungin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Carreira, J.M. (2005). New framework of intrinsic/extrinsic and integrative/instrumental motivation in second language acquisition. The Keiai Journal of International Studies Vol. 16, 39-64.

Çınar, Orhan, Bektaş, Çetin, dan Aslan, Imran (2011). A Motivation Study on the Effectiveness of Intrinsic and Extrinsic Factors. Ekonomika Ir Vadyba: 2011. Vol.16, 690-695

Cooper, B. (2004). Empathy, Interaction And Caring: Teachers’ Roles In A Constrained Environment. Pastoral Care, 22(3), 12-21

Dewayani, Astri, Sukarlan, Augustine D. dan Turnip, Sherly S. (2011). Perceived Peer Social Support dan Psychological Distress Mahasiswa Universitas Indonesia. Sosial Humaniora, Vo. 15, No. 2, Desember 2011 . Hal 86-93

Feist, Jess dan Feist, Gregory. J. (2011). Teori Kepribadian Buku 2 (Smita Prathita Sjahputri, Pengalih Bahasa). Jakarta: Salemba Humanika.

Fezer, Maryanna. (2008). Adolecent Social Support Network: Student Academic Succes As It Relates To Source and Type of Support Received. Desertasi, Tidak Diterbitkan, Faculty of Graduare School of the State University of New York at Buffalo.

Goldstein, Lisa S. dan Lake, Vickie E. (2000). Love, Love, and More Love for Children: Exploring Preservice Teachers' Understandings of Caring. Teaching and Teacher Education. Vol. 16 (2000) 861-872

Hakim, Thurstan. (tt). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pengembangan Swadaya Nusantara

King, Laura A. (2010). Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif (Pengalih Bahasa: Brian Marwensdy). Jakarta: Salemba Humanika.

Lee, Valerie.E, Smith, Julia.B, Perry, Tamara.E, dan Smylie, Mark.A, (1999). Social Support, Academic Press and Student Achievement: A View from the Middle Grades in Chicago.
Published
2016-03-01
How to Cite
TRIONO, Triono. HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERILAKU CARING GURU DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 25, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2760>. Date accessed: 03 july 2020.