HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME DAN SELF EFFICACY DENGAN FLOW AKADEMIK SISWA SMA

  • Andari Suryaningsih Program Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 1109 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1629 times
Keywords: flow akademik, optimisme, self efficacy dan siswa

Abstract

Siswa yang mengalami flow akan berkonsentrasi, merasa nyaman dan memiliki motivasi intrinsik pada saat menjalani kegiatan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme dan self efficacy dengan flow akademik. Subjek penelitian adalah 369 siswa kelas X dan XI SMA Kristen Petra 2 tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan data menggunakan skala dan angket terbuka. Peneliti menggunakan The Flow Inventory for Student (LIS) untuk mengukur flow akademik. Skala optimisme disusun peneliti dengan menggunakan aspek permanency, pervasiveness dan personalization (Seligman, 2008), dan skala self efficacy diadaptasi dari skala self efficacy yang disusun Tjiong (2014). Hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara optimisme dan self efficacy dengan flow akademik dengan nilai  R = 0,403 dan p = 0,000 (<0,05). Siswa yang memiliki optimisme tinggi dan didukung oleh self efficacy tinggi, semakin tinggi flow akademiknya. Hendaknya siswa dilatih untuk menjelaskan peristiwa baik sebagai permanen, universal dengan penyebab internal dan menjelaskan peristiwa buruk sebagai temporer, spesifik dengan penyebab eksternal supaya siswa memiliki optimisme yang tinggi. Guru hendaknya memberikan pengalaman keberhasilan kepada siswa supaya self efficacy siswa meningkat. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, C. M., Yuwanto, L., & Batuadji, K. (2014). Pengujian temporal motivation theory sebagai perantara hubungan optimisme dan flow akademik. Jurnal Under Review Mind Set Universitas Pancasila Jakarta.

Angelina, E. (2012). Go with the flow: Hubungan antara conscientiousness dan flow akademik. Skripsi (Tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Surabaya)

Arif, K. (2013). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Flow Akademik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2, 1-12

Azakawa, K. (2009). Flow Experience, Culture, and Well-being: How Do Autotelic Japanese College Students Feel, Behave, and Think in Their Daily Lives?. Journal of Happiness Studies. Vol. 11, Issue 2, pp 205-223.

Bakker, A. B. (2008). The work-related flow inventory: Construction and initial validation of the WOLF. Journal of Vocational Behavior, 72, 400-414.

Bakker, A. B. (2008). The work-related flow inventory: Construction and initial validation of the WOLF. Journal of Vocational Behavior, 72, 400-414.

Bakker, A. B., Xanthopoulou, D., Demerouti, E., & Schaufeli, W. B. (2007) The Role of Personal Resources in the Job Demands-Resources Model. International Journal of Stress Management. Vol. 14, No. 2, 121-141.

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84, 191-215.

Bandura, A. (1982). Self efficacy mechanism in human agency. The journal of American Psychology, 37, 122-147.

Chandra, R. I. (2013). Go with the Flow: Dukungan Sosial dan Flow Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2, 1-19.

Csikszentmihalyi, M., Harper & Row. (1990). Flow: The Psychology of Optimal Experience. New York: HarperCollins.

Feist, J., & Feist G. J. (2012). Teori kepribadian. Alih Bahasa: Smita Prathita Sjahpurti. Jakarta: Salemba Humanika.

Julianda, B. N. (2012). Prokrastinasi dan Self Efficacy pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 1 No. 1, 1-15.

Salanova, M., Bakker, B. A., & Llorens, S. (2006). Flow at work: Evidence for an upward spiral of personal and organizational resources. Journal of Happiness Studies, 7, 1–22.

Santoso, M. (2014). Self-efficacy dan flow akademik ditinjau dari temporal motivation theory pada mahasiswa Fakultas Psikologi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 3 No. 1, 1-12.
Published
2016-03-01