HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN FLOW AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

  • Endah Mustikaningsih Rahaju Putri Program Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 1192 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1555 times
Keywords: Dukungan Sosial, Flow Akademik, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Prestasi belajar matematika memiliki peran penting sebagai ukuran kemampuan atau kompetensi seorang pelajar dalam mata pelajaran matematika. Pemcapaian prestasi belajar matematika tersebut tidak dapat dilepaskan dari faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan flow akademik dengan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPA dengan jumlah sampel 230 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling dan teknik analisis data menggunakan regresi ganda dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara dukungan sosial dan flow akademik secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika (R = 0.178; R Square = 0.032). Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan ada hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar matematika (p = 0.032) kecuali aspek informational dan instrumental support. Flow akademik memiliki korelasi signifikan dengan prestasi belajar matematika (p=0.019) kecuali aspek enjoyment. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial (faktor ekternal) dan flow akademik (faktor internal) berhubungan dengan prestasi belajar matematika. Hal ini menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal dalam pembelajaran berperan terhadap prestasi belajar matematika. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abolhasani (2011). Comparative of internal and external factors in success metaphors of top grades, middle grades and who are not accepted in nation wide test. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 30, 2663-2667

Ahmed, W., Minnaert, A., van der Werf, G., & Kuyper, H. (2010). Perceived sosial support and early adolescents’ achievement: The mediational roles of motivational beliefs and emotions. Journal Youth Adolescence, 3, 36-46.

Alvaro, C., Lyons, R.F., Warner, G., Hobfoll, S.E., Martens, P.J., et al.(2010) Conservation of resources theory and rsearch use in health systems. Implementation Science open acces, 5, 79

Bakker, A.B. (2008). The work-related flow inventory: Construction and initial validation of the WOLF. Journal of Vocational Behavior, 72, 400-414.

Bakker, A.B., Demerouti, E., & Schaufeli, W.B.(2007). The role of personal resources in the job demands-resources model. International Journal of Stress Management, 14,2, 121-141

Cholil & Kurniawan (2011). Psikologi Pendidikan Telaah Teoritik dan Praktik. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.

Emmanuel, A.O., Adom, E.A., Josephine, B., & Solomon, F.K. (2014). Achievement motivational, academic self-concept and academic achievement among high school students. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences, 2,2.

Gatchel & Schultz (2012) Handbook of Occupational Health and Wellness, 23 Handbooks in Health, Work, and Disability. New York: Springer Science+Bussiness Media

Gottfried (2012). Peer effects in urban schools: assessing the impact of classroom composition on student achievement. Educational Policy, 28,(5), 607–647

Halim, I (2007). Hubungan antar self efficacy anak pada matematika dan dukungan sosial dengan nilai pekerjaan rumah. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Hoveland, C.M. (2006). Relationship between learning and study strategies and academic achievement in associate degree nursing students. (Thesis) submitted to the Fay W. Whitney School of Nursing and the graduate school of the university of Wyoming.

Iksan (2013). Dukungan sosial pada prestasi dan faktor penyebab kegagalan siswa SMP dan SMA, Jurnal Psikoalanisasi, 10, 1, 52.

Katz, M.H. (2011). Multivariable Analysis: A Practical Guide for Clinician and Public Health Researches. Third Edition. New York: Cambride University Press

Macneil, A.J., Prater, D.L., & Busch, S. (2009). The effects of school culture and climate on student achievement. Journal Leadership in Education, 12, 1, 73-84.
Published
2016-03-01