PERANCANGAN METODE POKA-YOKE PADA PROSES LAYANAN TOKO SEJAHTERA KENDARI
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode poka-yoke. Toko Sejahtera merupakan objek dari penelitian ini. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan pada proses layanan internal toko Sejahtera yang kemudian dianalisa dan dicari kemungkinan kegagalan (failure) yang terjadi atau yang sudah terjadi. Setelah ditemukan kegagalan (failure) maka mulai dicari alternatif-alternatif pemecahan untuk mencegah kesalahan yang akan terjadi dan aktivitas atau tindakan pada kesalahan yang telah terjadi dengan menggunakan metode poka-yoke. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses layanan internal di toko Sejahtera yang terlihat begitu mudah dan tidak rumit, tetap saja bukanlah suatu proses yang terjadi tanpa kesalahan. Masih terdapat berbagai masalah yang terjadi dan mungkin terjadi. Dengan semua masalah yang terjadi memberikan dampak yang kurang baik pada kinerja layanan toko Sejahtera dalam memberikan layanan yang terbaik untuk konsumennya menjadi tidak tercapai. Masih banyak hal yang harus diperbaiki oleh toko Sejahtera untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada. Kesalahan yang terjadi dapat ditangani dengan warning yaitu mendesain lembar peringatan dalam ketepatan menghitung uang, selanjutnya dapat ditangani dengan control yang dapat dilakukan dengan menyusun prosedur bagi para karyawan agar dapat mencegah terjadinya kesalahan.
Downloads
References
Bayers, P., 1997, Apply Poka Yoke Devices Now to Eliminate Defects, Annual Quality Congress, Vol. 51: 451-147.
Buckley, Ronald L., dan Candace Lynn Buckley, 2006, No Eraser Needed – Mistake Proofing Your Business, Shady Brook Press.
Burlikowska, M. D., dan D. Szewieczek, 2009, The Poka-Yoke Method as An Improving Quality Tool of Operations in The Process, Journal of Achievements in Materials and Manufacturing Engineering, Vol. 36:
95-102.
Chase, Richard B., dan Nicholas J. Aquilano, 1995, Production and Operations Management: Manufacturing and Services, 7th Edition, Irwin.
Haksever et.al, 2000, Service Management and Operations, 2nd Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River.
Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 1999, Principles of Marketing, International Edition, Prentice Hall, New Jersey.
Kotler, Philip, 1996, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Prentice Hall, Englewood Cliff, New Jersey.
Maynard, H., 2004, Maynard’s Industrial Engineering Handbook, 5th Edition, Mc Graw-Hill.
Robinson, H., 1997, Using Poka-Yoke Techniques for Early Defect Detection, Sixth International Conference on Software Testing Analysis and Review.
Schemenner, Roger W., Service Operations Management, Prentice Hall, New York, 1993.
Shimbun, N. K., 1988, Poka-Yoke: Improving Product Quality by Preventing Defects, Productivity Press.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.