FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEBT MATURITY PADA PEMINJAM KORPORASI DI ASIA PASIFIK PERIODE 2006-2010

  • Vina Veriana Limtiono Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Deddy Marciano Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Endang Ernawati Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 203 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 147 times
Keywords: Asymmetric Information, Debt Maturity, and Pecking Order Theory

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi debt maturity. Tingkat asimetri informasi di Asia Pasifik yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan Amerika dan Eropa dapat mengakibatkan kesalahan dalam penentuan jangka waktu utang. Penelitian ini dibagi kedalam tiga belas model pengujian, yaitu pengujian secara keseluruhan, pengujian untuk listed and crisis, pengujian untuk listed and non-crisis, pengujian untuk non-listed and crisis, pengujian untuk non-listed and non-crisis, pengujian untuk listed with performance and crisis, pengujian untuk listed with performance and non-crisis, pengujian untuk listed high leverage, pengujian untuk listed high leverage and crisis, pengujian untuk listed high leverage and non-crisis, pengujian untuk listed low leverage, pengujian untuk listed low leverage and crisis, serta pengujian untuk listed low leverage and non-crisis. Penelitian ini menggunakan seluruh pinjaman di Asia Pasifik dari periode 2006-2010 serta metode ordinary least square untuk memperkuat hasil penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa lenders cenderung tidak terlalu dapat membedakan antara borrowers yang memiliki kualitas yang baik dengan borrowers yang memiliki kualitas buruk. Sehingga penentuan maturitas utang bagi lenders cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dari sisi borrowers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abor, J, dkk., 2009, Risk exposure and financial policy, Department of Finance, University of Ghana Business School, Legon, Ghana.

Atmojo, I., 2004, Penilaian Harga Pinjaman Korporasi : Studi Empiris di Indonesia, Skripsi, unpublished.

Custodio, C, dkk., 2011, The Impact of Asymmetric Information and New Listings, Journal of Finance.

Dang, V, A., 2011, Leverage, Debt Maturity, and Firm Investment, Journal of Business Finance and Accounting, 225-258.

Dennis, S, A, and Mullineaux, D.J., Syndicates Loans, 2000, Journal of Financial Intermediation 9, 2000, 404-426.

Evelyn., 2006, Faktor-faktor yang menentukan Pemberian Pinjaman Korporasi DiIndonesia: Studi Empiris di Indonesia, Skripsi, unpublished.

Gitman, L.J., 2006, Principles of Managerial Finance, 10th Edition, Addison Wesley, Pearson Education Inc.

Godlewski, J, C., 2007, The Design of Bank Loan Syndicates in Emerging Markets Economies, Large, Faculty of Business and Economics, Louis Pasteur University, July 2007.

Hajiha, Z and Akhlaghi, H,A., 2011, An Empirical Study on Iranian Firms, Journal of Scientific Research, 814-825.

Marciano, D., 2008, Pengaruh Asimetri Informasi, Moral Hazard, dan Struktur Pendanaan Dalam Penentuan Harga Korporasi Dalam Bentuk US Dollar, Working paper, Disertasi, unpublished.

Megginson, W.L., 1997, Corporate Finance Theory, Addison-Wesley.

Mullineaux, D, J., dkk., 2010, Financial Distress, Information Asymmetry, and Syndicate Structure, Finance Research Letters, Volume 7, 119-126.

Madura, Jeff (2000), International Finance, 6th edition. United States of America South: Western Publishing.

Sofi, 2012, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Debt Maturity Pada Pinjaman Korporasi Di Indonesia Periode 2000-2010, Skripsi, unpublished.

Sunarsih, 2004, Analisis Simultan Kebijakan Hutang dan Kebijakan Maturitas Hutang serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jurnal Siasat Bisnis No. 9, Volume 1 Juni 2004, 65-84.

Tanjung, Yudi. S, 2012, Pengaruh Asymmetry Information Effect Dan Diversification Effect Dalam Pembentukan Harga Pinjaman Di Asia Pasifik Tahun 2006-2010, Disertasi, unpublished.
Published
2013-03-01