STUDI DESKRIPTIF SERVICESCAPE TANJUNG KODOK BEACH RESORT LAMONGAN MENURUT PERSEPSI WISATAWAN

  • Sadvi Wulandari Puji Kusumaningsih Peminatan Manajemen Layanan Dan Pariwisata Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 182 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 158 times
Keywords: servicescape

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan menggambarkan persepsi wisatawan  terhadap servicescape pada obyek wisata Tanjung Kodok Beach Resort di Lamongan. Aras pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah aras interval. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, presentasi diagaram batang, dan tabulasi silang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif, dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu wisatawan yang pernah mengunjungi dan menginap di Tanjung Kodok Beach Resort dalam Tiga Bulan terakhir. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa servicescape yang dimiliki oleh Tanjung Kodok Beach Resort dinilai baik oleh wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bitner, Mary Jo, 1992, Servicescapes: The Impact of Physical Surroundings on Customers and Employees. Journal of Marketing, Vol. 56 April, (57-71).

Christine Tantrisna dan Kanya Prawitasari, 2006, Analisa Harapan dan Persepsi Penumpang Terhadap Kualitas Makanan yang Disediakan oleh Maskapai Penerbangan Domestik di Indonesia, Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol 2, No.1 Maret.

Christopher H., Lovelock and Lauren K., Wright, 1999, Principle of Service Marketing and Management, Prentice Hall, International Edition, New Jersey.

Cornelius H, Van Heerden, Yolandi Botha, Elmien Durieux, 2009, The Relationship Between Atmospherics, Servicescape and Destination Attractiviness of a Holiday Destination, Innovative Marketing, Vol 5, No.1.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary, 2003, Dasar-dasar Pemasaran. Edisi kesembilan. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler. Philip, T. Bowen. John, Makens. James. Marketing for Hospitality & Tourism, 4th Edition.

Mill, Robert Christie dan Tri Budi Sastrio, 2000, The Tourism, International Business: Edisi bahasa Indonesia, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sekaran Uma, 2000, Research Methods for Business, Third Edition.

Soekadijo, R.G, 1996, Anatomi Pariwisata, Gramedia Pustaka Utama.

University of Ghana, 2011, European Journal of Business and Management, Servicescape and Customer Patronage of Three Star Hotels in Ghana’s Metropolitan City of Accra, Vol 3, No.4.

Wakfield, Krik L; Blodgett, Jeffrey G, 1994, The Importance of Servicescapes in Leisure Service Settings, The Journal of Service Marketing, Vol 8, No.3.

William J Stanton, 1994, Fundamentals of Marketing, The International Edition, McGraw-Hill.

William and Buswell, 2006, Service Quality in Leisure and Tourism.

Zeithaml, Valarie A., Bitner, Mary Jo., and Gremler, Dwayne D. (2006). Services Marketing Integration Customer Focus Across The Firm. 4th Edition. New York : Mc Graw-Hill, (317-340).

http://www.lintasberita.com/Lifestyle/Liburan/-keistimewaan-wisata-bahari-lamongan

baliholidayinfo.com/de/node/6539

www.menkokesra.go.id

http://new.beritadaerah.com/artikel/jawa/2367
Published
2013-03-01