PEMBUATAN MOTION COMIC DANIEL DI KANDANG SINGA UNTUK ANAK SEKOLAH MINGGU

  • Olivia Puspitasari Teknik Informatika Program Multimedia / Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Budi Hartanto Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Maya Hilda Lestari L. Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 118 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 179 times
Keywords: Cerita Alkitab, Daniel Di Kandang Singa, Motion Comic

Abstract

Minat anak-anak untuk membaca Alkitab mulai menurun dikarenakan bahasa yang terdapat pada Alkitab susah dipahami oleh anak-anak. Anak-anak lebih tertarik untuk melihat gambar-gambar dibandingkan membaca tulisan. Selain itu pengajaran Alkitab yang dilakukan di sekolah minggu hanya dilakukan 1 kali dalam seminggu, hal ini membuat anak-anak kurang bisa mengingat pengajaran Alkitab dengan baik. Salah satu pengajaran yang ada di Alkitab dapat dilihat pada kitab Daniel yaitu cerita Daniel di kandang singa. Media yang telah menyajikan cerita Daniel seperti buku cerita bergambar, website, blog, video live action dan animasi. Selain media tersebut, media uniklainnya untuk menyampaikan cerita Daniel di kandang singa adalah motion comic.Untuk mengetahui kebutuhan sistem apa saja yang diperlukan, dilakukan analisa dengan cara wawancara terhadap anak-anak sekolah minggu usia 5-12 tahun dan kakak sekolah minggu. Dari hasil wawancara yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa media yang disenangi anak-anak untuk menceritakan kembali cerita Alkitab adalah media komputer dan anak-anak lebih suka dengan banyaknya gambar dibanding dengan banyaknya tulisan. Dalam pembuatan motion comic terdapat elemen-elemen penting yaitu cerita, storyboard, layout, dialog, animasi, audio, dan rendering. Aset yang dibuat yaitu aset gambar, efek suara, dan pengisi suara. Untuk pembuatan aplikasi menggunakan flash.Di dalam aplikasi ini terdapat kuis dan fakta unik. Validasi dilakukan dengan cara pretest dan posttest. Dari hasil validasi yang dilakukan terdapat peningkatan sebelum dan sesudah menonton motion comic Daniel di kandang singa. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa motion comic ini memiliki gambar yang bagus dan cerita yang dapat dimengerti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albercht, C. 2008. The Rise Of Motion Comic Online diakes dari: https://gigaom.com/2008/07/30/the-rise-of-motion-comics-online/ [Diakses pada tanggal 28 April 2017].

Eleanor, D; Wade, J; Gresham, C. 1987. Introduction to Christian Education. Standard Publishing.

Kelly, D. 2014. Difference Between Comic Books And Graphic Novels diakses dari: http://knowledgenuts.com/2014/01/07/difference-between-comic-books-and-graphic-novels/ [Diakses pada tanggal 18 Mei 2017]

Kristianto, D. 2002. Layout Yang Baik diakses dari: http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/layout_design/layout_baik.html [Diakses pada tanggal 09 Mei 2017].

Le, H. 2012. Motion Comics: A Brief Introduction diakses dari: http://geeknewsnetwork.net/2012/04/08/motion-comics-a-brief-introduction/ [Diakses pada tanggal 28 April 2017].

Prasetyo, D. 2015. Pengertian Storyboard diakses dari: http://www.davidprasetyo.com/2015/11/pengertian-storyboard.html[Diakses pada tanggal 09 Mei 2017].

Sanders, A. 2017. In Computer Animation, What Is Rendering? Diakses dari: https://www.thoughtco.com/computer-animation-what-is-rendering-140509 [Diakses pada tanggal 09 Mei 2017].
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)