HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR HONDA
Abstract
ABSTRAK Pada dasarnya loyalitas diartikan sebagai kesetiaan seseorang dalam terhadap suatu hal.. Dari total populasi sepeda motor, 66% merupakan sepeda motor buatan pabrik Honda. Konsumen dalam hal membeli sepeda motor tak bisa lepas dari citra merek dan kualitas produk. Pada penelitian terdahulu telah dilakukan penelitian yang terkait dengan variabel tersebut, namun peneliti kali ini ingin memfokuskan pada produk sepeda motor Honda. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya hubungan antara citra merek dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda (2) mengetahui ada tidaknya hubungan citra merek dengan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda (3) mengetahui ada tidaknya hubungan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan memiliki sepeda motor Honda yang berada di Kota Probolinggo. Sampel penelitian berjumlah 147 subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket yang berisi angket terbuka dan tertutup dari loyalitas pelanggan, citra merek dan kualitas produk. Hipotesis penelitian diuji dengan pearson jika sebaran data normal dan linier. Kemudian untuk analisis ketiga variabel menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara citra merek dangan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda r = 0,371 (p <0,05) da nada hubungan antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan produk sepeda motor Honda r = 0,234 (p <0,05) serta ada hubungan antara citra merek dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda r = 0,613 (p <0,05). Kesimpulannya adalah maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara citra merek dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda. Implikasi dari penelitian ini, perusahaan dapat meningkatkan kemampuan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, dan meningkatkan mutu dalam memberikan service kepada pelanggan. Sehingga pelayan tetap loyal kepada perusahaan Honda.
Kata Kunci: Citra merek, Kualitas produk, Loyalitas pelanggan, produk sepeda motor Honda.
Downloads
References
Ambadar, Jackie., Abidin, Miranty., Isa, Yanty. 2007. Mengelola Merek. Jakarta: Yayasan Bina Karsa Mandiri.
Asy’ari, Abul Hasan. 2012. Pengaruh Value, Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Behavorial Loyalty Konsumen Sepeda Motor Honda di Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol. 6, No. 1. Januari 2012.
Bei, L.-T., and Chiao, Y.-C. 2001. An integrated model for the effects of perceived product, perceived service quality, and perceived price fairness on consumer satisfaction and loyalty. Journal of consumer satisfaction, dissatisfaction and complaining behavior, 14, 125.
Boush dan Jones, (dalam Kahle & Kim, 2006), Manajemen Pemasaran Jakarta : Indeks kelompok Gramedia Berman B, Evan JR. Retail Management: A Strategic Approach (10th Edition ed). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall; 2006.
Cannon, Joseph P., Perreault, William D., McCarthy, Jerome E. (2008). Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global, Edisi 16. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Chrisandi, Nurina P. 2014. Hubungan Citra Merek dan Kualitas Pelanggan dengan Lotalitas Pelanggan Produk Apple. Universitas Surabaya. Volume 3, No. 1.
Cronin Jr, J. J. & Taylor, S. A. (1992). “Measuring service quality: a reexamination and Extension”. Journal of Mar- keting, 56 (July), 55-68.
Cruz, A. V. 2015. Relationship between product quality and customer satisfaction.
Devaraj, S., Matta, K. F., and Conlon, E. 2001. Product and service quality: The antecedents of customer loyalty in the automotive industry. Production and Operations Management, 10(4), 424-439.
Ene, S., & Ozkaya, B. 2014. A Study on Corporate Image, Customer Satisfaction and Brand Loyalty in the Context of Retail Stores. Asian Social Science; Vol. 10, No. 14.
Eriyanto. 2007. Teknik Sampling Analisis Opini Publik . Yogyakarta: LKiS.
Evawati. 2012. Kualitas Produk Dan Citra Merek (Brand Image) Mc Donald: Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, Vol. 1, No. 2.
Fadli, U. M., Sulaeman, E., & Padilah, H. N. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Farina Beauty Clinic Jalan Kertabumi No 23 Karawang. Jurnal Manajemen, Vol. 10, No. 3.
Fristiana, D. A. 2012. Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Garvin, D. A. 1988. Managing quality: The strategic and competitive edge: Simon and Schuster.
Gaspersz, V. 2011. Ekonomi Manajerial. Vinchristo: Bogor.
Griffin, Ricki W dan Ronal, J. 2007. Bisnis. Edisi 8. Jakarta: Erlangga
Gul, Roshana. 2014. The Relationship Between Reputation, Customer Satisfaction, Trust, and Loyalty. Journal of Public Administration and Governance, Vol. 4, No. 3 2014. ISSN. 2161-7104.
Hung, C.-H. 2008. The effect of brand image on public relations perceptions and customer loyalty. International Journal of Management, 25(2), 237.
Jahanshahi, A. A., Gashti, M. A., Mirdamadi, S. A., Nawaser, K., Khaksar, S. (2011). Study the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 1, No.7: 253-260.
Khan, I. 2012. Impact Of Customers Satisfaction And Customers Retention On Customers Loyalty. International Journal Of Scientific & Technology Research, Vol. 1, Issue 2.
Keller, K. L. 2008. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity 3rd edition. Upper Saddle River: Pearson Education, Inc.
Kotler, P., and Keller, K. L. 2006. Marketing management 12e. New Jersey. Page 143.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.
Lee, Hsiang-Ming., Ching-Chi Lee., Cou-Chen Wu, (2011),"Brand image strategy affects brand equity after M&A", European Journal of Marketing, Vol. 45 Iss 7/8 pp. 1091 – 1111.
Malik, F., Yaqoob, S., and Aslam, A. S. 2012. “The impact of price perception, service quality, and brand image on customer loyalty”. Interdiscipinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(5), 487-505.
Martenson, R. (2007). Corporate brand image, satisfaction and store loyalty: A study of the store as a brand, store brands and manufacturer brands. International Journal of Retail & Distribution Management, 35(7),544-555. http://dx.doi.org/10.1108/09590550710755921
Mowen, John C. dan Michael S. Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Penerbit: Erlangga. Jakarta.
Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Natali, F. 2014. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Chandra Jaya Sukses (Produk Kursi Recliner Merek Lazboy). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Esa Unggul (JAME), Vol. 2, No. 2, 1-11.
Ogba, I.-E., and Tan, Z. 2009. Exploring the impact of brand image on customer loyalty and commitment in China. Journal of Technology Management in China, 4(2), 132-144.
Oliver, R. L. 1999. Whence consumer loyalty?. The Journal of Marketing, 33-44
Pearson, N. (1996). “Building brands di- rectly: creating business value from customer Relationships”. Macmillan Business, 20 (6), 68-82.
Prihastiti, N., & Kusumastuti, Y. I. (2012). Analisis Pembentukan Citra Perusahaan Listrik Negara Melalui Implementasi Community Relations. Jurnal Sosiologi Pedesaan, Vol. 6, No. 1.
Purwanto, D. 2007. Korespondensi Bisnis Modern. Jakarta: ESENSI.
Rangkuti, F. 2002. The Power of Brand, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Raharjo, Alfian. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu AS. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Rahman, M. K., & Jalil, M. A. 2014. Exploring Factors Influencing Customer Loyalty: An Empirical Study On Malaysian Hypermarkets Perspective. British Journal of Applied Science & Technology, 4(12), 1772.
Roslina. 2010. Citra Merek: DImensi, Proses Pengembangan Serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 6, No.3.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 3, No. 1.
Setianingsih, Lia. 2012. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Switching Cost, dan Trust in Brand Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Produk Kartu Selular GSM Prabayar Simpati di Wilayah Jakarta). Jakarta: Universitas Gunadarma
Setianingsih, N. F. (2014). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY). Jurnal Ilmu Manajemen-Special Issues For AEC Marketing Opportunities, Vol. 11, No. 2, 22-29.
Silalahi, U. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sumarwan, ujang, dkk. 2011.Pemasaran Strategik. Bogor : IPB press. . 2002. Perilaku Konsumen. Bogor Selatan : Ghalia Indonesia.
Suyanto, M. 2010. Marketing Strategy Top Brand Indonesia . Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan Dan Penelitian: Andi Publisher
Theodora, S. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Pembentukan Citra Merek Produk Sepatu Olahraga Nike. Essence, Jurnal Seni, Desain, Komunikasi, Peneliti Muda, Vol. 1, No. 1.
Tingkir, C. F. 2014. Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 2.
Tomida, Merinda. 2016. Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Riset dan Ilmu Manajemen, Vol. 5, No. 7, Juli 2016. ISSN. 2461-0593.
Tu, Y.-T., Wang, C.-M., & Chang, H.-C. 2012. Corporate Brand Image And Customer Satisfaction On Loyalty: An Empirical Study Of Starbucks Coffe In Taiwan. Journal Of Social And Development Sciences, Vol. 3, No. 1, 24-32.
Umar, H. 2005. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Utama, I. G. 2014. Pengantar Industri Pariwisata . Yogyakarta: Deepublish.
Walters Glenn, Walters. 1974. Customer Behavior Theory & Practice. Ilinois: Richard D.Irwin Inc.
Wijaya, B. S. 2011. Branderpreneurship: Brand Development-Based Enterpreneurship. Proceeding International Conferenceon Business and Communication (ICBC).
Yuen, E. F., & Chan, S. S. (2010). The Effect Of Retail Service Quality And Product Quality On Customer Loyalty. Journal of Database Marketing & Customer Strategy Management, 17(3-4), 222-240.
Yupita, Linda. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan, Materialisme dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pengguna Produk Iphone di Kota Semarang. Semarang: Udinus.
Zainuri, Didi. 2011. Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Brand Image Motor Matic Honda Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Pengguna Sepeda Motor Matic Honda di Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan). Jakarta: UIN. Triatmono.info/data-penjualan-tahun-2012/data-penjualan-motor-tahun-2005/diakses pada 1/4/2017
Zeithaml, V. A., Berry, L. L. & Parasuraman, A. (1996). “The behavioralconsequences of service quality”. Journal of Marketing, 60 (1), 31-46.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.