“POKOKE JANGAN KAYA PAPA” PEMBENTUKAN PEMAHAMAN MASKULINITAS TONI, ANAK DARI KELUARGA BERCERAI

  • Marina Sybille Merian A.W. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 81 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 159 times
Keywords: laki-laki, maskulinitas, kesetaraan gender

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana seluruh aspek dari kehidupan sosial Toni saling berkaitan dan membentuk cara pikirnya terhadap maskulinitas dan gender rules. Terjadinya perceraian menyebabkan salah satu peran orang tua hilang, yaitu peran ayah. Jika peran ayah tidak ada, maka agen sosialisasi anak tersebut akan berkurang, sehingga ada nilai yang tidak diajarkan terutama berkaitan dengan nilai-nilai mengenai menjadi seorang laki-laki. Skripsi ini selain bertujuan selain untuk menjelaskan proses pembentukan pemahaman maskulinitas Toni, anak yang berasal dari keluarga bercerai dan tinggal dengan ibunya, juga untuk mengetahui bagaimana pemahaman terhadap sebuah status gender sebagai laki-laki maskulin mempengaruhi cara pandang Toni terhadap kesetaraan dan keseimbangan aturan gender. Studi life history ini menyoroti kisah Toni dengan analisis kualitatif menggunakan teori Social Construction dari Berger & Luckmann (2011) dan Social Learning dari Lev Vygotsky (1978). Ketiadaan peran seorang ayah, meningkatkan intensitas peran dari agen sosialisasi yang lain dalam membentuk persepsi seseorang. Sosok ayah yang tidak ada di dalam keluarga dikarenakan kegagalan ayah dalam menjalankan perannya, malah menjadi sumber utama Toni untuk belajar mengenai peran dan aturan gender. Ibu, sebagai agen sosialisasi pertama berperan bersama dengan sekolah sebagai lingkungan sosial dan agen sosialisasi sekunder membentuk persepsi Toni berkaitan dengan keseimbangan dan kesetaraan peran dan aturan gender.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basu, S., Zuo, X., Lou, C., Acharya, R., & Lundgren, R. (2017). Learning to Be Gendered: Gender Socialization in Early Adolescence Among Urban Poor in Delhi, India, and Shanghai, China. Journal of Adolescent Health, 61, S24-S29.

Basrowi, & Sukidin. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro.Surabaya: Insan Cendekia.

Berger, P. L., & Luckmann, T. (2011). The Social Construction of Reality: A Treatise In The Sociology of Knowledge.New York: Open Road Media.

Bozkurt, V., Tartanoglu, S., & Dawes, G. (2015). Masculinity adn Violence: Sex Roles and Violance Endorsement among University Students. Procedia-Social adn Behavioral Science, 205, 254-260.

Cole, A. L., & Knowles, G. (2001). Lives in context: the art of life history research.New York: Altamira Press.

Connell, R. W. (2005). Masulinities (2nd ed.). Los Angeles: University of California Press.

Culatta, R. (2015). Learning Theories: Social Development Theory. Diambil kembali dari Instructional Design: http://www.instructionaldesign.org/theories/social-development.html

Fernández-Álvarez, Ó. (2014). Non-Hegemonic Masculinity against Gender Violance. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 161, 48-55.

Ferrante, J. (2008). Gender and sexualities: with emphasis on gender ideals. Dalam J. Ferrante, Sociology: a global perspective (hal. 269-272). Belmont, California: Thomson Wodsworth.

Grønhøj, A., & Thøgersen, J. (2009). Like father, like son? Intergenerational transmission of values, attitudes and behaviours in the enviromental domain. Journal of Enviromental Psychology, 29, 414-421.

Jailani, M. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245-260.

Levant, R. F., & Kopecky, G. (1995). Masculinity reconstructed: changing the rules of manhood-at work, in relationship, and in family life. New York: Dutton.

Lips, H. (2008). Sex & Gender: An Introduction (6th ed.). New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

McLeod, S. A. (2014). Lev Vygotsky. Diambil kembali dari Simply Psychology: https://www.simplypsychology.org/vygotsky.html

Min, J., Silverstein, M., & Lendon, J. P. (2012). Intergenerational transmission of values over the family life course. Advances in Life Course Research, 17, 112-120.

Noble, C., Kravit, J., & Braswell, L. (2012, May 1). Slideshare. Diambil kembali dari Slideshare: https://www.slideshare.net/jkravit/vygotsky-updated-1-1-12757545

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development: perkembangan masa hidup (13th ed.). (A. Chusairi, & J. Damanik, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Silverman, D. (2013). Doing Qualitative Research: A Practical Handbook.California: SAGE Publications.

World Health Organization. (2018, 01 20). Gender, women and health. Diambil kembali dari World Health Organization: https://web.archive.org/web/20140908003355/http://www.who.int/gender/whatisgender/en/
Published
2018-03-01